Education, REVIEW

Review Buku: Berbeda Itu Seru

Yeaayyy akhirnya selesai juga saya membaca beberapa buku dalam bulan ini. Sudah agak lama nggak update blog ini ya *hempaskan debu-debu hahaha.

Kali ini saya mau review satu buku yang dibuat oleh teman saya, Dinda Nocyandri, M. Psi. Berlatar belakang psikologi pendidikan dan menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak membuat Dinda menciptakan karya sebuah buku sebagai salah satu alat bantu mengedukasi dan mensosialisasikan bagaimana berinteraksi dengan anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Teman-teman pernah mendengar pendidikan inklusi?

Pendidikan inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan pada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Atau, dengan sederhana dapat dikatakan menggabungkan anak-anak dengan kebutuhan khusus dengan anak-anak lainnya di dalam satu kelas yang sama.

Lha, gimana ngajarin ABK dan anak biasa di dalam satu kelas?

Bisa! Tentunya sekolah penyelenggara pendidikan perlu memastikan beberapa hal ini terjadi di ruang kelas:

1. Sekolah menyediakan lingkungan yang ramah anak, fasilitas yang mendukung agar setiap anak dapat belajar dan bermain dengan nyaman dan aman.

2. Pengajar mampu mengelola kelas yang heterogen dengan pendekatan pembelajaran individual, misalnya dengan mengubah format pelajaran, strategi mengajar, memodifikasi bahan pengajaran, menyediakan aktivitas alternative, dan menyediakan asistensi personal untuk anak (atau dikenal dengan shadow teacher.

3. Memberikan sosialiasi kepada anak-anak agar dapat belajar dan bermain bersama dengan teman-temannya yang berkebutuhan khusus.

Oke, gak pake panjang lebar lagi langsung aja kita bahas tentang buku ini

Deskripsi Buku

Judul Buku: Berbeda Itu Seru

Pengarang : Dinda Nocyandri, M. Psi, Psikolog, CGA

Penerbit    : Meliora Learning Academy

Jumlah hal : 42 halaman

Resume:

Buku ini bertujuan untuk mensosialisasikan cara mengenal, bermain, dan beradaptasi dengan teman yang berkebutuhan khusus. Buku ini berisi empat cerita utama, yaitu:

  1. Tentang Galan yang autis
  2. Tentang Billy yang selalu bergerak
  3. Tentang Kay-Kay yang memakai alat bantu dengar
  4. Tentang Juna yang tidak berbicara

REVIEW BUKU

Buku ini menceritakan ABK yang mungkin ada di sekitar kita, lengkap dengan ciri atau karakteristik khususnya. Misalnya aja di cerita tentang Galan, disitu disebutkan apa saja ciri Galan yang autis , bagaimana Galan mempersepsi sekitarnya berbeda dengan kita yang normal, dan kebutuhan Galan akan guru pendamping (shadow teacher). Buku ini juga dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak, ditambah dengan ukurannya yang sebesar A4 dan full color membuatnya menarik bagi anak-anak.

Poin yang penting juga, disini anak-anak diberitahu bagaimana berinteraksi dengan teman ABK sesuai kebutuhan mereka. Misalnya, kalau Galan sedang merasa tidak nyaman maka dia akan menepuk-nepuk bagian tubuhnya. Nah, teman-teman Galan bisa mengingatkan Galan bahwa tidak ada yang berbahaya atau menyampaikan hal itu kepada shadow teacher. Contoh lain, ketika Kay-Kay tidak mendengar saat diajak bicara kita bisa bantu memeriksa apakah baterai di alat bantu dengarnya perlu diganti. 

Jadi melalui buku ini, kita bisa membantu anak memahami bahwa ada anak-anak berkebutuhan khusus di sekitar kita, bahwa kita tidak perlu takut atau menjauhi mereka, justru kita bisa tetap bermain bersama mereka. Secara tidak langsung anak-anak juga bisa belajar berempati dengan teman-temannya yang berkebutuhan khusus.

Beli dimana?

Belinya bisa langsung menghubungi

Dinda  : 085210756266

Meliora: 085858709355

Masih ada tiga buku lagi buat direview. Menyusul yaaaah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *