Homecooking, Organizing

Food Preparation for Easy Days #TipsDariDapur

Hallo semua!

Kali ini saya mau share sedikit mengenai Food Preparation yang saya lakukan hampir setiap minggu. Ini bukan gaya-gayaan sebenernya. Karena keharusan saya mempersiapkan makanan untuk di rumah tetapi terkendala karena tidak ada yang membantu masak, jadi harus putar otak untuk mencari cara terbaik.

Sewaktu dulu masih tinggal bersama mertua, saya tidak ambil pusing mau masak apa hari ini. Biasanya ibu mertua saya sudah menentukan mau masak apa, jadi saya tinggal ngikut aja. Sejak pindah ke rumah sendiri, “masak apa ya buat besok?” adalah pertanyaan tiada akhir tanpa jawaban pasti. Jangan dibandingkan sama Maudy Ayunda yang galau mau kuliah dimana ya buibu, hahaha *benerin cepolan

Ini semua saya belajar step by step. Gak langsung pinter, gak langsung jago. Kadang ada lupanya, kadang banyak malesnya. Lalu ujung-ujungnya minta makanan dari rumah mertua atau pencet aplikasi GoFood, hahaha. Sampai sekarang pun saya masih tetap belajar supaya tetap konsisten. Untungnya sih sekarang sudah ada Mbak PP yang bantu masak, jadi food preparationnya ga seheboh dulu.

Teman-teman yang merasa butuh melakukan food/meal prep mungkin bisa mencoba tips sederhana dari saya ini. Yang harus saya tekankan adalah teman-teman selalu menyesuaikan dengan keperluan dan kemampuan diri, jangan terlalu ngoyo karena tidak ada yang sempurna di dunia ini. Ah elah!

Berikut caranya:

1. Buat List Belanja Satu Minggu

Ambil satu waktu tenang dan buatkan list belanja untuk satu minggu. Usahakan tidak per bulan. Kenapa? Menurut saya, mempersiapkan untuk satu bulan itu akan sangat sangat melelahkan. Why don’t we just take one simple step first? ๐Ÿ™‚ย 

Mulailah dari masakan-masakan yang sederhana dan tingkat keberhasilannya tinggi untuk pemula. List ini bisa diperbaharui setelah tiga atau empat hari sembari kita menyesuaikan diri. Kalau mau diganti-ganti masih bisa. Menu yang simple misalnya satu jenis lauk dan satu jenis sayur.

Kalau dulu saya membuat dua sampai tiga menu untuk satu minggu. Misalnya rendang (bisa untuk dua hari), ikan goreng balado, dan ikan /ayam gulai. Tapi kadang yang terlaksana cuma dua menu, selebihnya bisa makan di luar, ambil makanan dari rumah ibu mertua atau kiriman dari Kang Gojekย 

Contoh: Nasi goreng, mie telor, telur ceplok, roti, susu, yogurt, buah-buahan, muffin/quick bread

Rendang, sapi lada hitam, ayam bumbu, ayam goreng, ikan balado, telur balado, daging/ayam semur, ikan gulai, ikan asam pedas

Capcay, tumis buncis, bening bayam, daun singkong tumbuk santan, tumis kacang panjang tempe, tumis tahu tauge, sayur kangkung, sayur sop, lalapan.

2. Siapkan wadah yang sesuai

Wadah disini adalah wadah penyimpanan makanan yang sudah diolah/mentah untuk disimpan di kulkas. Kalau bisa yang sesuai dengan porsi memasak kita, tidak ada kelebihan makanan yang disimpan ulang.ย 

Buat saya kaca/plastik sama saja ya, yang penting aman dan sudahย BPA Free.ย  Jenis wadah yang saat ini saya pakai sih ada dua macam Frenzy dan Tupperware.

Udang, ikan, cumi biasanya saya simpan mentah tapi sudah dicuci bersih dan diberi garam + perasan jeruk nipis. Daging sapi atau ayam biasanya sudah saya masak dan dibagi ke dalam porsi, ketika mau dimakan tinggal dipanaskan. Untuk sayuran biasanya saya paling banyak beli labu siam, wortel, buncis. Sayuran berdaun hijau biasanya akan saya beli di hari H, soalnya ini gampang layu, kalau lagi males masak jadi ga rugi-rugi amat.ย 

Bawang-bawangan, jahe, kunyit, laos/lengkuas beli secukupnya saja dan ditempatkan diluar kulkas. Kentang juga disimpan diluar kulkas. Kalau belinya banyak, jangan lupa untuk dijemur di bawah panas matahari sesekali supaya tidak rusak.

ย 

3. Belanja dan Mulai Persiapan

Tentukan satu hari khusus untuk belanja dan mempersiapkan bahan makanan. Kalau saya dulu setiap hari Minggu sepulang gereja. Alasannya sederhana, suami bisa nganterin dan hari Minggu biasanya jarang kemana-mana. Tapi sekarang berubah, kadang pas weekend, kadang pas weekday, menyesuaikan isi kulkas saja.ย 

Setelah belanja, langsung eksekusi memulai persiapan. Protein hewani dicuci bersih dan simpan di freezer. Kalau saya selalu minta kangmas ikan di pasar untuk membersihkan bagian dalam dan potong-potong ikannya. Udang juga dibersihkan disitu. Hal yang sama berlaku untuk daging dan ayam.

Udah tau kan kalau daging gak perlu dicuci dulu sebelum masuk freezer?ย Kalau ayam masih saya cuci sih, nanti pas dimasak dibuang kotoran yang mengambang di bagian atas.

APA ITU LENGKUAS, KUNYIT, JAHE? GIMANA BEDAINNYA?

Ya ampun ini pertanyaan saya banget. Untuk yang ga mau ketahuan begonya, langsung saja meluncur ke supermarket. Ini yang saya lakukan juga kok, hahaha. Entah kenapa waktu di-training ibu mertua belum mudeng. Nah lama-lama jadi AGAK TAHU yang mana kunyit, jahe, lengkuas, kencur, dll. Setelah agak pede, saya belanja ke warung dekat rumah. Sambil sok ikrib bertanya ini kalau ikan ini enaknya masaknya gimana ya? kalau tauco yang mana ya? kalau ini kalau itu dst.

Setelah pindah rumah, kalau gak sempat ke pasar, saya belanja sama tukang sayur keliling di komplek. Enaknya, bisa privat nanya-nanya bumbu masakan sama dia. Selain itu, bisa nitip mau dibawain apa untuk besok.

Pada saat mempersiapkan bahan-bahan, pastikan bahwa tidak adaย cross contamination pada protein hewani dan sayur/buah. Kalau saya punya 2 talenan dan 2 pisau, masing-masing untuk protein hewani dan sayur. Sebagai tambahan, teman-teman bisa membaca ini sebagai basic food handlingย 

TIPS ala ala Mami Sola

Tips ala ala ini tercipta berdasarkan pengalaman pribadi, tidak menjamin keberhasilan food preparation tiap orang.

1. Kalau masih bingung soal perbumbuan, carilah tukang bumbu di pasar yang bisa dipercaya. Artinya dia menggiling bumbunya sendiri di depan mata kita, jadi dipastikan jauh dari pengawet-pengawet.

2. Selalu mengecek ketersediaan bahan makanan di kulkas, sehingga saat belanja tidak berlebih-lebihan.

3. Kenalan sama pedagang, ajak ngobrol, sok akrab dikit bolehlah. Saya aja punya kok nomor hp kangmas ikan sama kakak penjual bumbu. Hahaha.

4. Sebulan terakhir ini saya belanja mingguan dengan bawa wadah sendiri, terutama untuk protein hewani. Selain #lesswaste ternyata lebih ringkas karena begitu sampai rumah tinggal cuci di wadahnya langsung.

5. Be flexible. Walaupun judulnya sama-sama food preparation tapi penyesuaiannya sangat berbeda di masing-masing orang (dan rumah tangga). Jangan terlalu ekstrim sehingga mudah lelah dan menyerah. Pelan-pelan, yang dibutuhkan hanya niat dan konsistensi.

ย 

Selamat mencoba ya, teman-teman!ย 

Sharing is Caring! Share this article

38 Comments

  1. Duh aku tuh maunya nyimpen sayuran hijau gitu tapi kok cepet busuk ya?
    Ada yang salah kayaknya dengan cara nyimpennya. Masih kebingungan aku mbak bikin menu seminggu gini, selera makannya tergantung mood :))

    1. Helena Magdalena

      Kalau aku, sayuran hijau gausah dicuci Mbak, cukup disiangi aja trs simpan di kotaknya. hehehe

      1. Saya suka salut sama ibu-ibu yang bisa food preparation selama sepekan.
        Jadi pengen belajar juga supaya bisa makin menata perekonomian keluarga karena pengeluaran bisa tercatat baik tiap pekan kalau seperti ini pola masaknya.

  2. Thank’s tips-nya, mbak. Sebenarnya saya udah tahu lama mengenai food prep macam gini. Apalagi ada yang memisahkan berdasarkan menunya. Jadi hari itu mau masak menu apa, udah ada di wadahnya sendiri lengkap dengan bumbu2 yang udah jadi. Well prepared memang. tapi kenapa ya aku masih sulit aja untuk memulai?

    –____–

    1. Helena Magdalena

      Heheheh aku juga baru bisa mulai pas situasi kejepit Mbak, the power of kepepet hahahahaha

    2. yola widya

      mbak juga blender bumbu-bumbu dasar enggak? aku suka blender bumbu-bumbu biar nanti ga usah pake iris atau ngulek lagi

      1. Helena Magdalena

        Iyaaa mbakk hehehe kalo ready bumbu dasar meskipun merem bisa deh bikin nasi goreng hahahaha

  3. bener itu mbak pake wadah biar rapi pas ditaruh di kulkas. jadi nggak plastikan. atau pakai cara ala american. Aku suka liat vlog orang indonesia yang nikah sama orang sana punya anak dan tinggal di sana, lalu masak yang praktis tapi sehat. Masakan sana memang simple-simple ya. Nggak kayak masakan orang asia apalagi melayu yang kaya bumbu jadinya terkesan lama

    1. Helena Magdalena

      Iya, masakan luar simpel sih bumbunya ga banyak…masakan kita bumbunya banyak plus masaknya lama sampe gas cepet abis (rendang, ungkep ayam, dst) wkwkwk

    2. Tips yang bermanfaat sekali mba, biasanya saya hanya menyimpan makanan yang sudah dimasak saja di dalam wadah penyimpanan, lebih rapi dan bersih ya kalau semua bisa disimpan di kulkas ๐Ÿ™‚

  4. Kalau saya jauh sebelum food preparation booming, udah sering bikin ginian diajarin kakak saya, meski gak rapi karena pakai kotak sembarangan.

    Tapi emang kalau sayur cepet busuk sih.
    Gak tau caranya yang salah kali ya?

    Jadi saya biasanya tetep beli sayur 2 kali seminggu ๐Ÿ™‚

    1. Helena Magdalena

      Mantap Mbak Ray, rapi ga rapi nomer belakangan yg pntg irit hehehe
      Sayur ini agak tricky emang sih. Kadang aku jg gitu…belanja sayur yg cpt busuk di hari H aja

  5. Food preparation ini memudahkan banget yaa. Coba deh aku pelan-pelan ikutin soalnya kadang belanja kurang persiapan jadi ga bawa wadah.

    1. Helena Magdalena

      Heheh iyaa mbak gpp it takes time soalnya, pelan2…aku jg kadang inget banyak lupa

  6. Nah aku sepakat banget pas sampai di sini:

    “… start with one simple step, first!”

    Yup mulai saja dulu dengan satu langkah sederhana!

    Baidewei,
    Tip ini penting banget terutama buat perempuan pekerja yang tidak punya waktu belanja setiap hari.
    Bikin acara memasak jadi menyenangkan karena semua sudah terorganisir

    1. Helena Magdalena

      Betul mbak, kalau teroganisir semua jadi (agak) mudah, meskipun saya sendiri juga masih suka kecolongan…hehehe

  7. Huaaa makasij tips foodprepnya mba… Aku kebantu bgt sama ini akrena lg kepengen foodprep ๐Ÿ™‚

    1. Helena Magdalena

      Sama2 mbak, smoga bermanfaat dan smoga lancar food prep nya yah ๐Ÿ™‚

  8. Beberapa kali saya pernah melakukan food prep begini. Enak juga, tetapi memang belum konsisten saya jalaninnya. Mungkin karena saya di rumah, pasar pun dekat. Padahal enak juga kalau kayak begini

    1. Helena Magdalena

      Sama mbak, aku juga masih suka kecolongan soal konsistensi, pasar jg dekat rumah, masih harus bljr banyak lg ttg food prep ๐Ÿ™‚

      1. Rajin banget mba. Saya juga pengen deh coba prepare food selama 1 minggu gitu. Jadi nanti ga perlu repoti masaknya. Nanti pengen coba deh tips tipsnya. Kadang kalau liat kulkas kosong suka sedih deh. Hehe.

      2. Adem melihat kulkas isinya food preparation. Rapi gitu. Aku penasaran cara nyimpen sayuran biar awet, terutama sayuran yang bisa dimakan langsung tanpa dimasak. Lumayan buat sarapan.

  9. Rajin banget mba. Saya juga pengen deh coba prepare food selama 1 minggu gitu. Jadi nanti ga perlu repoti masaknya. Nanti pengen coba deh tips tipsnya. Kadang kalau liat kulkas kosong suka sedih deh. Hehe.

  10. Dulu gw sering buat food preparation di awal-awal nikah, sekarang udah punya anak malah jadi jarang ya le hahaha. Baca artikel ini buat gw semangat buat hal ini lagi, soalnya bermanfaat banget kalau lagi buru-buru masak atau nge-blank mau masak apa dengan bahan-bahan yang seadanya.

  11. Hahaha…ini sama kayak aku nih, yang suka bingung nentuin menu apa hari ini. Udah pernah juga sih nyusun menu buat seminggu, tapi pas jadwalnya lagi males masak menu tsb, hahaha. Parah aku nih XD

  12. Wah bagus nih tips foodprep nya. Trmksh ya..jadi terbantu nih Krn saya masih belajar utk ini..

  13. Kalau Mpo palingan food preparation hanya sayuran doang. Kalau lauk apa yang harus dimakan ya papa yang menentukan.

  14. Food preparation ini membantu dan memudahkan kita saat masak ya mbak, apalagia kalau lagi buru-buru. Pagi-pagi harus nyiapin sarapan & bekal makan anak-anak perlu banget deh aku melakukan ini, kdang malasnya itu loh. Terima kasih sudah diingatkan makin semangat lagi deh aku.

  15. Wah bisa dicoba nih contoh food preparationnya. Selama ini ya tiap hari belanja sayur dari bibik penjual yg lewat depan rumah. Seadanya aja yg dia bawa.

    Ternyata kita bisa tentukan ya sekalian utk beberapa hari belanjaan yg kita beli. Seelah melakukan food preparation, kayaknya proses masak bisa makin cepat.

  16. Aku belum istiqomah nih ngejalanin food preparation ini hehe soale kadang abis belanja udah males duluan masuki dan bersihinnya jadi wee langsung masuk aja semua ke kulkas hehe semoga bisa ngelakuin ini lagi soale lebih gampang klo masak kaya ikan tinggak gorenga aja.

  17. Food preparation sering aku jalankan waktu kerja di Hongkong mba
    gampangkan kita buat masaknya dan jadinya rapi rajin ya isi kulkas.

  18. Toss mba saya juga begitu juga menyiapkan belanja satu minggu, jadi kalo dalam keadaan mendesak tiba-tiba ada tamu sudah ada stok sayuran selain itu jika belanja lebih banyak jatohnya irit

  19. Sneng aku mba kalo orang yang bisa rapi nyimpen segala sesuatu. Teemasuk makanan ean lauk di kulkas.

  20. Beneerr..bener.
    Never ending those question.

    “Masak apa hari ini?”
    Sama kaya “Mau nulis apa hari ini..”

    Ehgimana,
    Hehehe..

    Secara mamak mesti kreatif memadukan menu, agar kebutuhan gizi keluarga tercukupi.

    Semangaaatt~

  21. Food preparation is fun indeed. Sometimes I do it myself but there are times when my fridge is already packed and full LOL

  22. rajin banget mbakk…
    aku pernah juga bikin food preparation, tapi cuma bertahan sekitar 1 bulanan
    saya dan suami kebanyakan gak ada di rumah, atau sampe rumah jam 10 malem besok harus berangkat lagi jam 5 pagi. Boro-boro mau masak, buka kulkas aja cuman buat nyari susu hehehehe

    1. Helena Magdalena

      Hihihi, aku di rumah 24 jam mau ngapain lagi coba mbak ?

  23. Jadi Ibu itu memang harus kreatif ya.. jika sudah dipersiapkan seperti ini, kita dapat dengan mudah memasaknya.. tinggal ambil, masak, sajikan.. waktu memasak jadi lebih cepat dan bisa mengerjakan pekerjaan lainnya juga ya.. nice tips mbak.. aku sukaa dan mau praktekin juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *