Blog Competition, Daily Life

#MoneySmartMenginspirasi Mama Milenial, Begini Tipsnya

Foto : www.google.com

Generasi milenial atau dikenal dengan Gen Y adalah mereka yang lahir di tahun 1980-2000. Generasi Y adalah mereka yang melihat internet sebagai sebuah penemuan yang hebat dan mengubah segalanya. Salah satu karakteristik khas dari generasi Y adalah daya konsumtif yang tinggi yang disebabkan pergeseran gaya hidup yang signifikan.

Siapa yang termasuk generasi milenial disini?

Wanita generasi Y yang sudah berkeluarga juga termasuk di dalamnya, lho! Perlu waspada nih, jangan-jangan kita juga masih cenderung konsumtif padahal sudah bertambah tanggung jawab untuk mengurus keluarga, terutama mempersiapkan masa depan anak-anak.

 

Kalau menurut saya, berhemat ini tidak hanya untuk kepentingan keluarga tetapi juga untuk untuk kita sebagai individu. Buat saya -yang masih suka “jajan” kopi, make-up, skin-care- uang yang berhasil “diselamatkan” itu bisa digunakan untuk belanja jajanan tadi, menambah investasi seperti reksadana atau logam mulia, bahkan dijadikan dana liburan bersama keluarga.

 

Belajar dari beberapa artikel di portal www.moneysmart.id berikut ini cara #MoneySmartMenginspirasi yang bisa kita lakukan untuk berhemat :

1. Food/Meal Preparation

Foto : www.pinterest.com

Ini adalah kunci utama supaya saya bisa berhemat. Selain tentunya lebih sehat, dengan merencanakan apa yang mau dimasak dan dimakan selama periode tertentu maka kita bisa “menyelamatkan” isi dompet dari godaan-godaan makan di luar atau makanan yang ada di list gofood.  Salah satu blogger yang sudah melakukan ini adalah Twelvi Febrina. Beliau bisa berhemat sampai dengan 150 juta dan menggunakannya untuk travelling.

Food/meal preparation itu adalah mempersiapkan makanan siap olah atau makanan matang selama periode tertentu, misalnya selama seminggu. Terlebih dahulu buatlah daftar menu apa yang mau kita masak selama seminggu. Periksa bahan-bahannya apa saja yang perlu dibeli. Lalu, persiapkan bahan-bahan makanan tersebut dalam porsi makan yang sesuai dengan kamu dan keluarga. Simpan dalam wadah di kulkas dan siap diolah/dipanaskan untuk dinikmati.

Untuk pemula, tidak perlu terlalu ambisius. Bisa dicoba untuk satu meal dulu (pagi/siang/sore). Tips lainnya, food/meal prep bisa dilakukan tiap tiga hari. Hal ini agar kita bisa menyesuaikan mana yang paling cocok dengan kita. Pelan-pelan kita akan bisa membuat food/meal prep tiga kali sehari, atau bahkan persiapan makan selama seminggu kedepan.

2. Hemat Listrik

Foto : www.merdeka.com

Penggunaan lampu LED direkomendasikan karena dayanya dapat dihemat. Menghemat listrik juga dapat dilakukan sesederhana mencabut charger atau peralatan listrik apapun yang tersambung ke stop kontak. Sedangkan untuk pemakaian AC, kita bisa menghematnya dengan menyetel di suhu 22-25 derajat celcius. Ternyata semakin rendah suhu ruangan disetel, maka semakin besar daya listrik yang digunakan.

Nah, yang ini saya baru tahu banget setelah baca salah satu artikel disini. Kita bisa memantau pemakaian listrik melalui aplikasi online seperti PLN Online atau e-commerce market. Pemantauan bisa dilakukan setiap minggu atau tiap 10 hari. Kalau kita melihat bahwa pemakaian listrik sudah mulai melewati standar yang seharusnya kita bisa lebih waspada pemakaian listrik tanpa perlu menunggu tagihan akhir bulan. 

 

3. Tidak Boros untuk Anak

Foto : www.pinterest.com

Siapa sih yang ga kepengen mendandani anaknya dengan baju atau sepatu branded biar sama seperti anak artis ibukota? Apalagi punya anak perempuan. Ada kepuasan tersendiri yang muncul! Apalagi kalau si anak pandai berpose. Instagrammable!

Ini dia salah satu titik kelemahan para mama. Baru gajian sudah ada pos pengeluaran untuk beli baju baru, padahal baju yang lama masih banyak dan belum terpakai semua. Atau tiap minggu ada kiriman paket, entah itu sepatu anak, kaos kaki, bandana limited edition, atau kiriman beberapa kardus buku BBW dari jastip (jasa titip) online.

Lha, kan saya kerja untuk anak? Boleh dong!

Ya sah-sah saja kok membelikan barang-barang untuk anak. Toh mereka memang memerlukannya. Tapi tentunya jangan silau dengan barang-barang bermerek yang belum mereka mengerti sekarang. Atau membeli buku BBW yang lebih dari usia anak sekarang. Jangan-jangan belum dibaca sudah robek duluan karena dimainkan. Intinya, selalu lihat kebutuhan anak apakah itu memang mereka perlukan untuk saat ini. Kalaupun kita mau menyimpan barang-barang tersebut untuk 1-2 tahun ke depan, apakah sudah yakin tidak akan tergoda yang barang serupa dalam jangka waktu tersebut?

4. Manfaatkan Promo

Foto : www.pinterest.com

Ini salah satu andalan saya untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau ya. Sudah banyak promo bertebaran di aplikasi-aplikasi online, mulai dari aplikasi belanja, transportasi, tiket, yang bisa memberikan diskon hingga setengah harga. Sering-sering deh memantau melalui aplikasi online supaya tahu info terkini promo yang sedang berlangsung.

Promo juga biasanya bisa kita temukan di beberapa supermarket yang menawarkan keanggotaan. Kadang tidak hanya potongan harga yang kita bisa dapatkan, tetapi juga undian berhadiah dari pihak supermarket tersebut. Nah, pilihlah juga waktu yang tepat untuk belanja di supermarket. Biasanya promosi harga lebih banyak bertaburan di akhir pekan daripada hari kerja. 

5. Gunakan Fasilitas Autodebet untuk Investasi

Foto: www.nbcnews.com

Autodebet adalah fasilitas menarik dana kita dengan jumlah dan waktu yang sudah disepakati. Tips terakhir ini dianjurkan dilakukan di awal bulan setelah kita menerima gaji atau transferan dari suami. Misalnya saya punya tabungan berjangka yang harus dibayarkan setiap bulan. Caranya mudah saja, tinggal berkoordinasi dengan pihak bank untuk menentukan tanggal, jumlah, fee tambahan, dan lainnya.  

Kalau reksadana gimana? 

Sudah banyak yang online kok, tinggal klik klik beres. Semua bisa dilakukan dari depan laptop saja. Silakan meluncur ke website Bareksa, mendaftar secara gratis dan mengikuti langkah-langkah disitu. Semuanya mudah dengan panduan ini. Dengan terlebih dahulu menyelamatkan investasi, kamu tidak perlu kuatir kehabisan uang sebelum transferan berikutnya masuk.

Nah, mudah semua bukan? Selamat mencoba ya! Jangan ragu meluncur ke www.smartmoney.id untuk tips lainnya. Bagi teman-teman yang punya tips atau pengalaman berbeda, boleh juga ya share di kolom komentar. 

Sumber Referensi:

  1. https://www.moneysmart.id/tips-menghemat-uang-ala-emak-emak/
  2. https://www.moneysmart.id/pangkas-pengeluaran-bulanan-dengan-mudah-lewat-cara-cara-ini/
  3. https://www.moneysmart.id/cara-cek-tagihan-listrik-yang-cepat-dan-hemat-biaya/
  4. https://www.moneysmart.id/biar-gak-repot-top-up-setiap-bulan-gini-cara-daftar-reksadana-autodebet/

Sharing is caring! Share this article

66 Comments

  1. Aku pengen nyiapin makanan juga mbak. Versi hemat. Sarapan pakai sereal, makan siang bawa dari rumah semacam sandwich dan sejenisnya. Tapi tapi… Bangun baru menjelang beraktivitas. Kemepetan buat prepare makanan. Dan aku belum bisa makan tanpa nasi.

    Btw, masalah listrik, aku tuh pernah denger ada temen kantor cerita tentang suatu alat buat nutup semua colokan listrik selama nggak dipakai. Alat itu ternyata bener2 bisa menghemat listrik secara signifikan. Tapi lupa nih alatnya apa 🙁

  2. Memang diskon membantu sekali kita bisa berhemat dan bisa menaruh ke bentuk instrumen investasi.

    Bahaya diskon perlu waspadai sebaiknya sih tidak ada aplikasi belanja biar tidak iseng lihat eh akhirnya kebeli deh.

    Money smart bacaan ringan

  3. Aku baru mulai membiasakan membuat bumbu dasar, Mbak. Baru cobain bumbu dasar putih. Ternyata selain hemat bahan, juga hemat waktu banget. Aku yang ibu bekerja jadi sangat terbantu. Apalagi kalau dikombinasi sama persiapan bahan makanan di kulkas. Makin jempoln pastinya.

    1. Wah ada banyak ide, ilmu yang ada di website nya smartmoney ya mbk. Jd pgn meluncur kesana ah. Btw aku setuju deh sm poin2 yg dikau sebutkan di atas mbk. Sebagai generasi y, aku juga melakukan beberapa poin di atas, belum bisa semuanya.

      1. Helena Magdalena

        Poin2 semua berdasarkan pengalaman pribadi mbak *ngumpet dikolong* makanya tobat deh skrg aku beralih pelan2 berhemat

  4. yang nomer 3 nih, aku tuh hemat untuk urusan pribadi tapi mudah tergoda soal kebutuhan anak. Apalagi macem BBW, haduuuh…

    1. Iyah mba betuul memang ada perubahan pola dari mama gen X ke milenial ya. Beberapa kebiasaan memang sudah diwariskan, tapi banyak juga kebiasaan baru yang muncul karena teknologi dan tambahan wawasan.

    2. Saya kalo belanja ya nyari diskonan Mak. Kadang suami ampek jengkel, yang dirumah masih banyak udah beli lagi. Saya mah mikirnya mumpung diskon. Dari pada pas butuh, pas abis, pas gak ada diskon. Hahahhaa

      1. Helena Magdalena

        Ibaratnya sedia payung sblm hujan ya mbak.stok selagi diskon. Toss! Hahaha

  5. Yeay sama kayak aku mbaa. Aku hematin duit dengan beli saat promo. Hihihi. Dan ini ngebantu banget mba. Apalagi pas diskonnya banyak. Jadi banyak dana yang bisa di simpan 🙂

  6. Wahahhaa baca ini aku seolah diingatkan. Jangan kebanyakan jajan skin care dan belanjain anak. Makasih loh tipsnya mba

  7. Manfaatkan promo bener banget mba mesti smart money. Saya juga setelah punya anak 2 mikir2 lagi kalo belanja di supermarket. Karena sering tekor. Akhirnya saya jadi lebih suka nyicil belanjanya, habis baru beli dan manfaatin promo aja. Agak lumayan pengeluaran ga membludak.

    1. Banyak cara ya untuk berhemat. Apa pun itu, yang penting konsisten supaya bisa nabung setiap bulan.

    2. Mpo suka perencanaan belanja seminggu . Lumayan bisa irit ongkos ke pasar. Enakan sih naik sepeda , lebih irit dan hemat. Emak emak millenial harus hemat

  8. Tips menghemat daya listrik itu gw banget le haha. Apalagi kalau udah boros lampu nyala di mana-mana pasti deh gw ngomel kayak inang-inang perpajak pagi haha. Moneysmart memang menginspirasi gw sering baca artikel di sana.

  9. Moneysmart.id ini lengkap banget informasinya ya… tipsnya juga mudah banget diaplikasikan.
    autodebet utk investasi harus dikerjain dari sekarang nih

  10. Kayaknya ini jadi website wajib ya mbaaa
    Karena banyak yang ditawarkan. Ak jadi kepo banget karena ada banyak tips yang bjsa menjadi panduan kita sehari-hari

  11. Oke, luncuran ah ke smartmoney id untuk mengikuti tips2 menarik seputar dunia keuangan. Program penghematan pengeluaran penting banget untuk mama milenial nih biar enggak keteteran dananya.

    1. Emak milenial kudu smart dan menghemat setiap pengeluaran. Dan Reksadana Bareksa baru saya tahu nih mba. Cuss deh meluncur ke website nya

      1. Helena Magdalena

        Langsung cuss mbak hehehe

  12. thank u tipsnya mba.. untuk food preparation dan invest di awal bulan sudah lama aku lakukan, yang susah itu nggak boros utk anak, rasanya nemu aja barang-barang lucu yg bikin naksir dibeli hahahaah. harus lebih hemat lagi yaa 🙂

  13. Kalau masalah hemat listrik aku udah melakukannya dong kak
    Hehe. Menyabut colokan setelah dipake.

  14. AKu sih gak boros buat anak, maklum anaknya cowo gak banyak pernak pernik hihihi, tapi jangan2 boros buat diri sendiri ya. Duh.
    Makasih sudah diingatkan ya mbak, aku cari diskonan aja kalo gitu

    1. Lhooo…aku yang punya anak cewek aja ga boros lhooo *pembelaan diri
      Kan belanjanya sambil lirak-lirik diskon. Jadi tetap bisa menikmati aneka belanjaan tanpa merasa bersalah 😉

  15. Dan kuncinya disiplin mba. Saya sudah pisahkan keperluan yang wajib dan mana yang bisa disisihkan. Godaannya biasanya jajan dan traveling :). Ngg papa deh, biar hidup seimbang

    1. Mau coba food prep tapi masih setengah hati padahal praktis yaa. Ga kelamaan di dapur

  16. Iya ih, godaan terbesar itu ndandani anak. Alamak, kalau liat yang lucu2 mulai dari pakaian, mainan, buku hawanya pengen beli aja padahal gak butuh banget.

    1. Sebagai ibu rumah tangga yang baru, saya mesti rajin2 nih mengunjungi situs moneysmart apalagi banyak tipsnya seputar keuangan biar bisa bijak

    2. Apalagi kalau anaknya perempuan ya mbak bawaan dandanin jadi makin semangat aja 🙂 Mamanya harus bisa ngerem kalau gak bisa kebablasan

  17. Nah itu soal listrik emang kalau mau hemat baiknya gtu, colokan yang gak kepakai dicabut aja, yg sering tu biasanya chargeran henpon, pdhl kalau mencabut ya akan hemat dan bawa dampak signifikan ya mbak 😀
    Keren2 tipsnya makasih 😀

  18. Buat anak emang susah bener iniii. Apalagi semenjak punya penghasilan sendiri dari ngeblog ya, kadang suka punya pembelaan, “ah gak papa kan gak pake uang suami”. duhhh ini harus dicut banget.

  19. Saya tuh paling borosnya di makanan kayaknya.
    Kalau ngemol pasti ga tahan kalau anak minta jajan dan makan dengan seribu satu cara, seperti ciumin pipi, pijat2 kaki.
    hadehhh runtuh pertahanan mamak hahaha

    Emang caranya jangan sering2 ngemol 😀

  20. Saya pernah food preps. Memang enak karena bisa memangkas waktu di dapur. Paling capeknya seharian aja karena harus beberes semua belanjaan. Tetapi, belum konsisten saya ngejalaninnya

  21. Pernah nyobak food prep, ternyata butuh komitmen tinggi dan tekad yang kuat bener yah mbam hahaha.

    Masalah boros dan konsumtif jugak persoalan hidup aku banget lah itu haha

  22. Aku kayaknya bukan generasi y deh, semoga bukan termasuk yang boros. Terima kasih tipsnya ya.

  23. Saya jadi berpikir nih, kesuksesan dalam hal apapun diawali dengan persiapan matang yang dilakukan sebelumnya. Saya bisa menhemat ebebrapa rupiah uang belanja dari membuat food prep. Semoga dengan persiapan yang matang soal investasi, diikuti dengan kesuksesan di masa mendatang.

  24. Tips hemat untuk mama-mama milenial, termasuk ke dalamnya dan sering banget melakukan penghematan besa-besaran demi menjaga keran pengeluaran. Kalau portal keuangan yang paling hits saat ini memang MoneySmart, gw juga sering baca le..

    1. Helena Magdalena

      Iya Neni..soalnya isinya lengkap jadi sering buka2 disini

  25. Wah, keren nih tipsnya. Contek aaaah. Untuk yang food preparation nih yang masih belom aku praktekin. Semoga bisa 😀

    1. Helena Magdalena

      Amin mbak Nia…smangattt!

  26. Dari dulu pengen istiqomah prepare makanan dgn segala tipsnya tp suka bentrok males aja heu jadi kadang2 doang…

    1. Helena Magdalena

      Pelan2 ajaa mbakkk…ntr pasti bisa. Semangat!

  27. Aku jd pengen buka money smart ini mbak, kyknya banyak banget yang bisa dipelajari ibu2 zaman now ttg keuangan. Terus terang aku sendiri masih blm terlalu ngeh dengan investasi. Makasih infonya nanti aku liat2 webnya 😀

    1. Helena Magdalena

      Siap mbak…akupun masih byk belajar dari moneysmart ini

      1. Waahh, saya udah kapan waktu juga ini pengen cobain food preparation ini, tapi belum aja kesampaian. Kayaknya emang lebih hemat ya, harus segera dilaksanakan ini 🙂

        1. Helena Magdalena

          kadang mulainya emang suka mager mbak hehehe

  28. Money smart memang bisa diandalkan bagi yang mau manajemen budget ya biar ga kebablasan

    1. Helena Magdalena

      Iya mbak. Infonya lengkap disana 🙂

  29. Kalau urusannya sama anak memang agak susah hematnya ya, udah berusaha hemat ada aja bocornya, makasih nih tips-tipsnya bermanfaat banget

    1. Helena Magdalena

      Iya btul mbak..hahah emaknya kdg tahan2 ga beli baju, eh giliran ke anak rasanya semua mau diborong hahaha

  30. Situs yang bikin betah banget ini ya Mba
    aku liat semuanya serba komplit, cocok banget buat kita-kita jadi dapet tips banyak
    dan langsung bisa menerapkannya

  31. Mamak-mamak susah banget berpaling kalau ada tulisan SALE atau DISKON.
    Hiiks~
    Harusnya utamakan keperluan primer dulu yaa..jangan berpaling ke mana-mana.

  32. Aku juga sudah beberapa bulan ini mulai
    berhemat, terutama buat pengeluaran yang nggak jelas kayak nongkrong di kafe gitu. Anak2 dan suami lebih sering bawa bekal daripada jajan di luar. Lumayan loh hematnya

    1. Helena Magdalena

      Bawa bontot emang juara ya mbak. Plusnya lagi lebih sehat

  33. Baru tahu saya Mbak yang tentang mengontrol pemakaian listrik dengan menggunakan PLN Online. Jadinya nggak kayak kaget kena petasan lah ya pas waktunya bayar listrik dan tetiba lihat tagihan yang mengejutkan.

    1. Helena Magdalena

      Hihihi bener mbak, aku juga taunya dari moneysmart lgs eksekusi deh

  34. yang penting disiplin saat pelaksaannya ya mba.. kadang aku semangat diawal aja, pisah-pisahnin bahan makanan, nyatat transaksi keuangan dsb, di tengah bulan udah kumat malesnya deh 🙂

  35. Tips-tipsnya bagus mbak. Simpel tapi mengena. PR banget buat saya itu meal preparation. Masih gagal mulu sampe sekarang

  36. semuanya udah dilakuin nih mbak, kecuali yang pertama: food preparation yang masih PR banget.
    kayaknya nanti dikerjain karena udah mau lebaran, haha

  37. Reksadana ada yg online skrg ya Mba, tinggal klik klik saja n langsung beress. Boleh nih, cuss ahh ke moneysmart 🙂

    1. Helena Magdalena

      iyesss mbakk 🙂

  38. Mara

    yay aq generasi millenial aq sudah berhemat nih soal listrik yg dpadamkan klo g dpake, juga hunting promo. tp klo ada promo aq suka khilaf

    1. Helena Magdalena

      kalo promo justru lebih banyak khilaf ya mbak ? hahahaha persoalan yang sama

  39. Iya banget food prep bisa bikin hemat maksimal. Aku masih ditahap pemula, yang cuma bisa 3hari sekali. Kalo lebih ads aja yang busuk. Harus lebih pinter lagi ya ini

    1. Helena Magdalena

      Semangat terus mbak, pelan2 aja ntr juga lama2 dpt celahnya

  40. Aku tertarik buat Meal Prepnya, musti dicoba nih buat menghemat pengeluaran bulanan.
    Krn selama ini, cukup boros soal membeli keperluan bulanan terutama makanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *