Event, UMKM

Lincah Mengembangkan Usaha Bersama GO-JEK Wirausaha

 

 

Saya beruntung sekali bisa mengikuti Seminar GO-JEK Wirausaha di Pekanbaru kemarin, Senin 29 April 2019. Bertempat di Hotel Pangeran, acaranya berlangsung ramai diikuti oleh 200 peserta UMKM dari seluruh penjuru Pekanbaru.

Acara dibuka dengan Tari Tepak Sirih untuk penyambutan tamu khas Provinsi Riau yang kental dengan budaya Melayu. Kegiatan pun dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi & UMKM Riau, Ibu Yulwiriati Moesa. Tak ketinggalan, kata sambutan dari District Head Pekanbaru, Ibu Cut Emyra Fadhila sebelum materi disampaikan oleh para narasumber.

Tarian Tepak Sirih untuk Penyambutan Tamu
Sebelum acara dimulai wefie dulu biar semangat

Dalam kesempatan ini, GO-JEK memfasilitasi UMKM yang sedang berkembang di Pekanbaru untuk “naik kelas”. Para peserta UMKM diharapkan tidak lagi “pasrah” menunggu konsumen datang. Tetapi mampu meningkatkan kapasitasnya untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi sehingga pendapatan yang diperoleh juga semakin besar. Ini adalah salah satu ilustrasi yang disampaikan oleh Andit Intasworo selaku Public Affair Manager GO-JEK. Para pengusaha UMKM bisa naik kelas dan punya jenjang karir layaknya pegawai pemerintahan atau karyawan swasta. 

Jenjang Karir Pelaku Usaha, Dari Panglima Tanpa Pasukan Sampai Investor

Dalam sesi seminar, peserta disuguhi materi mengenai pentingnya menentukan STRATEGI PEMASARAN yang tepat untuk usaha, antara lain:

  1. Target konsumen yang tepat sasaran. Ini berbicara mengenai siapa yang mau membeli produk kita. Cara menentukannya dapat menggunakan demografik (usia, jenis kelamin), status sosial ekonomi (bawah, menengah, atas), atau psychografic (seperti minat, hobi, gaya hidup). Contohnya: snack sehat Granola untuk memenuhi gaya hidup sehat yang semakin berkembang di Pekanbaru
  2. Keunggulan/keunikan produk atau jasa layanan yang kita miliki. Contohnya: Granola tersebut diolah menggunakan bahan-bahan organik premium, secara homemade tanpa bahan pengawet, fresh dibuat sesuai pesanan.
  3. Harga. Apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan produk yang dipasarkan. Bagaimana perbandingan harga dengan pihak kompetitor juga perlu dipertimbangkan, tapi jangan sampai membuat harga terlalu rendah karena biasanya pengusaha justru merugi tidak bisa menutup ongkos produksi.
  4. Jalur penjualan. Jalur penjualan dibagi dua yaitu offline dan online. Jalur penjualan offline misalnya dengan membuka gerai, menjual kepada reseller, atau menjual di bazaar. Sedangkan jalur online misalnya dengan fitur Go-Food.
  5. Media Promosi. Media terkait dengan melalui apa kita mempromosikan produk kita. Apakah dengan flyer/brosur atau promosi di media sosial (Instagram, Facebook, Whatsapp).
  6. Moto. Andit menyampaikan cara termudah membuat motto adalah dengan menengok kembali keunggulan produk yang kita miliki. Contoh untuk produk Granola tadi, mottonya adalah Homemade Goodness.
GO-JEK Wirausaha diikuti 200 UMKM

Jangan lupakan tentang aspek PENGATURAN FINANSIAL. Sangat penting bagi pelaku usaha untuk memisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha. Mengapa demikian? Dengan adanya pemisahan, kita dapat mengevaluasi tingkat penjualan dengan mudah karena datanya bersih hanya berasal dari transaksi penjualan. 

GOJEK memperkenalkan aplikasi baru, yaitu SPOTS bagi para pengusaha. Spots adalah  aplikasi kasir, khususnya kuliner. Spots dapat mencatat pesanan yang masuk, menerima pembayaran GO-PAY dengan mudah, mencetak resi, memonitor pendapatan dan rekapitulasi laporan harian. Semudah itu. Semua tercatat secara digital dan nantinya mempermudah kita melakukan evaluasi terhadap tingkat penjualan kita.

SPOTS, Aplikasi Kasir untuk Usaha

Berbicara mengenai target, peserta diajak menonton sebuah video oleh Nadiem Makarim, CEO PT GO-JEK Indonesia, mengenai tips mengatur target dalam bisnis UMKM. Nontonnya pasti sambil ngangguk-ngangguk deh. 

Tidak hanya seminar untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan, GO-JEK juga menyediakan akses VIP untuk para peserta. Peserta seminar dapat langsung mendaftarkan usaha kulinernya di area registrasi merchant di bagian belakang. Semua tanpa biaya. 

Mudahnya Peserta Bisa Langsung Mendaftar di GO-FOOD

Pemateri terakhir adalah Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Pekanbaru, Bapak Yuyun Hidayat. Dalam sesi ini Pak Yuyun selalu menyampaikan bahwa untuk bisa naik kelas, yang harus mulai kita perhatikan adalah data. Data diperlukan untuk menjadi tolak ukur yang objektif, bukan “kata orang” semata. Data sangat penting menjawab tiga aspek. Supaya mudah, kita gunakan contoh berikut (ini contoh real di seminar, lho)

  1. Apa masalah yang ingin kita selesaikan? Kebotakan rambut dan memelihara jambang. Dari berbagai masalah mengapa kebotakan rambut ini penting untuk diselesaikan?
  2. Siapa yang mengalami masalah tersebut? Laki-laki yang ingin menyuburkan rambut, laki-laki yang ingin memelihara jambang. Adakah datanya? Apakah hanya laki-laki? Seberapa besar keinginan mereka untuk mengatasi masalah kebotakan?
  3. Seberapa banyak orang yang memiliki masalah tersebut? Berapa jumlahnya di Pekanbaru? Apakah ada kemungkinan mereka repeat order di masa mendatang?

Jadi semuanya harus berdasarkan data yang dapat diukur. Bukan hanya kata orang atau asumsi kita sendiri. Ngomong-ngomong, saya berhasil menjawab kuis tentang pertanyaan ini dan berhasil membawa pulang hadiah, lho! Hehehe.

Hadiah kuis, lumayan bisa dipakai sehari-hari
Jangan lupa foto! Bersama Kadin Prov Riau, Bpk Yuyun Hidayat

Tentunya setelah mengikuti pelatihan ini saya jadi semakin semangat untuk memperbaiki usaha saya agar berkembang lebih baik. Semoga sharing ini bermanfaat juga bagi teman-teman. Terima kasih, GOJEK! Ayo, kita naik kelas sama-sama UMKM Pekanbaru!

38 Comments

  1. aduh gojek emang keren banget sih, saya pernah juga dateng ke acara yang pembicaranya Nadiem Makarim. Gojek bener2 menyerap lapangan kerja dan ngebantu kita jg sebagai konsumen. Nah sekarang baru tahu kalau ada aplikasi SPOTS ini. Makin bermanfaat juga buat UMKM. Sekalian membumikan fitur gopay juga kali ya..hehe

    1. Helena Magdalena

      Iya mbak, kalau wirausaha didukung begini kan, kt semangat untuk mandiri, kerja dari rumah tetap menghasilkan tanpa kuatir siapa yang bantuin. udah tenang, ada gofood, gosend, gopay, dll 🙂

  2. Waaahh senengnyaaa bisa ikutan seminar kayak gini.
    Saya suka banget ikut seminar-seminar wirausaha.
    Ada banyak hal positif yang bisa kita ambil dalam setiap seminra tersebut.

    GOJEK mah keren banget ya, tidak pernah kehabisan ide buat mensupport para UKM 🙂

    1. Helena Magdalena

      Betul mbak, banyak hal positif yang bisa kita dapet dari seminar wirausaha ini, motivasi pun naik lagi 🙂

  3. Dengan Go Food ini umkm bisa maju ya, di sini pun banyak toko makanan dan minuman yang kecil pun sudah masuk go food, jadi bukan hanya makanan mall dan yg branded aja, alhamdulilla, bravo gojek.

    1. Helena Magdalena

      Yeayyy bravo gojek!

  4. Senang yaaa…. Gojek mengadakan acara yang sangat bermanfaat untuk para pengusaha UMKM ataupun mereka yang sedang merintis usaha pribadinya. Kalau ada dukungan seperti ini, tentunya para pengusaha makin semangat dong dalam menjalankan ikhtiar usahanya.

    1. Helena Magdalena

      Semangat banget mbak, udah dibekelin ilmu baru harus dipraktekin dong 🙂

  5. Baca yang begini jadi makin bangga jadi salah satu pelanggan setia Gojek sejak pertama kali muncul. Keren ya, Gojek bisa jadi salah satu pendukung banyak pelaku usaha dalam memasarkan produk. Semoga makin banyak aja deh yang berwirausaha sepeti ini. Supaya tingkat pengangguran semakin sedikit. Sukses, Gojek!

    1. Wah keren nih ya..manajemen Gojek berperan serta dalam pemberdayaan UMKM. Semoga ada juga di kota-kota lainnya ya .

      1. Helena Magdalena

        Amin amin, semoga nyusul di kota2 lainnya 🙂

    2. Helena Magdalena

      Betul mbak, makin banyak kemudahan kami sebagai wirausaha kecil-kecilan 🙂

  6. Wow, makin kesini fitur dan program dari GOJEK makin bagus ya. Apalagi ini, programnya khusus membantu para pengusaha UKM untuk lebih nsik kelas lagi. Kerenn

    1. Helena Magdalena

      Betul. Gojek bagusnya ga mau sendirian, ajak2 sekitar biar bisa naik kelas 🙂

  7. GOJEK keren banget nih memfasilitasi pendataan UMKM yang ingin gabung dan mengembangkan usahanya. Seneng ya bisa hadir dalam event seperti ini, menginspirasi dan jadi tahu juga dengan fitur baru

    1. Helena Magdalena

      Aku mah seneng banget mbak, dapet ilmu baru, dapat temen baru, bisa kenalan juga sama fitur barunya gojek

  8. wah sekarang Gojek pun mendukung UMKM ya, aplikasi SPOTSnya juga sangat membantu sekali ya untuk para pemilik usaha untuk pembukuan

    1. Helena Magdalena

      Aplikasi SPOTSnya memudahkan banget mbak, soalnya sampai bisa bikin laporan keuangannya gitu, ga cuma sekedar transaksi harian

  9. Saya masih amazed dengan fitur barunya GOJEK, skrg mereka bikin program keren juga. Salut dengan kreativitas dan inovasi para milenialis melalui GOJEK ini. Bikin anak-anak muda makin percaya diri untuk berwirausaha.

    1. Helena Magdalena

      Betul mbak, saking antusiasnya yang ikutan bukan cuma anak muda lho, yang sudah tua pun masih semangat 🙂

      1. Wah fitur barunya gojek makin lama makin memanjakan masyarakat ya.
        Asiknya bisa ke seminar ini.
        Para penggemar UMK semakin terbantu 🙂

  10. GOJEK selalu hadir di mana dan kapan saja, termasuk acara pengembangan UKM di Pekanbaru ya le. Salut deh sama aplikasi ini bisa menjangkau banyak kalangan dan bermanfaat lagi.

    1. Helena Magdalena

      Iyes betul, bisa dibilang malah memberi kesempatan umkm untuk berkembang lebih baik

  11. Asik ya mba bisa ikutan pelatihannya. Ikut seneng ^^ Keren, gojek memfasilitasi umkm dan tempat makan rumahanpun ok. Jadi bisa naikin omset pengusaha kecil juga. Selamat gojek

    1. Helena Magdalena

      Bener banget mbak. Dengan begini kan kita sbg ukm sgt terbantu….

  12. Salut banget dengan gojek yang selalu menciptakan terobosan baru yang memajukan perekonomian masyarakat Indonesia dan memudahkan dengan aplikasi SPOTS benar-benar membantu pengusaha kuliner untuk lebih cepat mengembangkan bisnisnya ya

  13. Bikin mupeng seminarnya nih kece abis apalagi tentang kewirausahaan sekarang lagi gencar-gencarnya pengusaha. Apalagi dari Go-Jek ya mbk

  14. Gojek keren banget yaa, terus bertumbuh dengan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk customer dan masyarakat luas. Semoga makin banyak UKM kuliner yang pakai SPOTS, biar kaum pemujaa cashless kayak saya bisa jajan terus :))

  15. Nah, penyelamat banget ini kalau misal pas gak bawa cash ya. Aku juga pernah bayar makan siang pake SPOTS, praktis dan biasanya ada diskon khusus

  16. Seneng dong mbak bisa ikutan pelatihan bareng Gojek. Semoga eventnya diadakan di Jogjakarta juga ya

  17. Dengan rencana usaha yang jelas dan bantuan infrastruktur bisnis yang baik insya Allah UMKM bisa lebih maju ya

  18. Alhamdulillah Gojek memang sangat bagus sekali untuk memberikan dan mengupayakan terbaik untuk wirausaha mba. Dan ini yang harus kita apresiasi. Semoga banyak yang mengikuti jejaknya ya 🙂

  19. Selalu salut sama perusahaan yang nggak cuma memikirkan untung semata, tapi juga berkontribusi aktif untuk masyarakat dan pelaku usaha.

    Salah satunya Gojek ya Mba. Udah bikin lapangan pekerjaan yang luas, juga sering berbagi inspirasi dan tips yang berguna untuk pelaku UMKM. Semoga Gojek semakin sukseeessss

  20. Huwaaa aku mau ikutan ini kalo di daerahku ada acara ini
    apalagi aku punya usaha ya meski kecil-kecilan tapi alhamdulillah menghasilkan. Terima kasih udah disharing mba, aku jadi semakin tahu dan UMKM sangat terbantu

  21. Wah .. aku pernah denger kalau daftar produk makanan nya ke Gojek ga mudah yaa … Karena harus ada visualisasi yang jelas.
    Padahal ga semua orang usaha bisa punya foto produk yang kece.

    Melalui acara ini, jadi lebih mudah untuk daftarkan usahanya ke Gojek yaa…

  22. Bagus mbak seminarnya. Menurutku kehadiran gojek khususnya gofood gtu bahkan gosend emang bikin bantu meningkatkan layanan UKM2 supaya bisa cepat kirim2 barang ke pelanggannya 😀

  23. Keren ya Gojek sekarang, mampu merangkul pengusaha-pengusaha UKM untuk mengembangkan usaha mereka juga. Aku juga tertarik untuk bermitra nih

  24. UMKM emang harus diberi tempat ya karena jika tidak mereka sulit untuk bisa berkembang krn persaingan di pasar bebas global

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *