Activities, Family

Wisata Outdoor Ramah Anak di Pekanbaru

Siapa yang tidak suka kegiatan outdoor? Sejak memiliki anak, saya jadi semakin terdorong untuk mencari lokasi wisata outdoor yang ramah anak. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan di luar rumah memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Alasan lainnya tentu saja supaya anak tidak bosan kalau hanya bermain di halaman rumah. 

Di Jakarta banyak sekali lokasi wisata yang dikelola dengan baik dan tentunya ramah anak. Kalau Pekanbaru bagaimana? Jujur saja, awal kepindahan kesini, saya termasuk kesulitan menemukan lokasi outdoor untuk wisata. Selain kebanyakan jaraknya jauh, review mengenai tempat wisata di Pekanbaru juga terbilang sedikit. Jadi, apa saja nih rekomendasi wisata outdoor di Pekanbaru? 

1. Rekreasi Alam Mayang

Area wisata Alam Mayang cukup luas, asri, dan memiliki beberapa wahana permainan. Sebagian besar merupakan area terbuka dengan pepohonan rindang, sehingga sering sekali dijadikan lokasi piknik dan cocok untuk acara keluarga atau komunitas. Biaya masuknya juga cukup murah, kalau tidak salah Rp 10.000 per orang  Namun untuk menaiki wahana permainan, kita perlu merogoh kocek tambahan. Permainan yang disediakan juga cukup menarik seperti naik perahu bebek, permainan kincir, transportasi kereta, dan motor. Pengalaman saya membawa anak-anak kesini, mereka sangat senang karena cukup banyak permainan yang ditawarkan.

Lokasi : Jalan Imam Munandar, Tangkerang Timur, Pekanbaru

2. Agrowisata Tenayan Raya

Taman Agrowisata Tenayan Raya ternyata telah dirintis sejak tahun 2013 yang lalu. Berbagai kegiatan kabarnya bisa dilakukan disini, seperti memetik buah dan sayur, memberi makan kelinci, memancing, dan outbound. Sayangnya ketika saya dan keluarga datang, kegiatan ini tidak selalu tersedia. Padahal kami berharap bisa memetik buah atau sayur dan memberi makan hewan. Mungkin karena selama ini yang melakukan wisata agro-edukasi berasal dari sekolah, pihak pengelola bisa mempersiapkannya. Sedangkan pengunjung yang datang langsung hanya bisa menikmati apa yang tersedia saat itu. 

Kesan saya ketika pertama kali datang lokasinya kurang terawat, kolam ikannya kotor dan ada beberapa ikan yang mati mengambang, dan tidak ada kelinci. Untungnya, ada kambing-kambing yang bisa diberi makan, sehingga anak-anak tidak terlalu kecewa. Harapan saya, kedepannya pengelola dapat lebih mempersiapkan wisata ini, tidak hanya untuk mereka yang sudah melakukan reservasi, tetapi juga untuk pengunjung yang datang langsung.

Lokasi : Jalan Kadiran, Tenayan Raya, Pekanbaru

3. Theme Park Asia Farm, Hay Day Pekanbaru

Sejak dibuka pertama kali, kabarnya tempat ini selalu ramai. Daya tariknya adalah konsep wisata edukasi dan banyaknya spot yang sangat instagramable hihihi. Dengan biaya masuk hanya Rp 25.000 saja sudah bisa memasuki semua area, tanpa biaya tambahan, kecuali kalau kita mau menyewa kostum atau memberi makan ternak. Areanya luas dan menghadirkan suasana di beberapa negara, termasuk Jepang dan Eropa. 

Kebetulan kami mengunjungi rekreasi ini di libur Lebaran 2019 kemarin, sehingga pengunjungnya sangat ramai. Kami bahkan tidak bisa masuk ke areal parkir di dalam. Kami akhirnya parkir di luar dan harus berjalan kaki cukup jauh. Untuk info saja, jalan kaki ke dalam tidak direkomendasikan untuk orangtua lanjut usia atau ibu hamil karena jalannya cukup curam, karena memang dikhususkan untuk jalan masuk mobil/motor. Semoga kedepannya, pengelola mau menambahkan undakan tangga yang bisa memudahkan pejalan kaki. Oh ya, saya juga tidak merekomendasikan ibu membawa anak dengan stroller (terutama saat menuju lokasi karena jalannya menurun). Kuatir nanti stroller bisa lepas dan meluncur jatuh. Sebaiknya anak digendong saja agar aman.

Lokasi : Jalan Badak Ujung, Tenayan Raya, Pekanbaru

Tips Wisata Outdoor

Pengalaman rekreasi outdoor memang beda. Meskipun lelah dan pegal, bagi saya tetap terasa menyenangkan. Nah, ada beberapa tips buat teman-teman yang mau berekreasi, apalagi jika membawa anak  ikut serta:

1. Makan dulu dari rumah

Selain lebih hemat, makan dari rumah membuat kita lebih berenergi mengeksplor area rekreasi. Anak-anak juga lebih tenang dan kita terhindar dari stres karena mereka cranky.

2. Berpakaian nyaman, jangan lupa topi atau payung

Namanya juga lokasi outdoor, jangan lupa untuk gunakan pelindung tubuh. Kenakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Untuk para ibu, sebaiknya hindari pakaian yang berenda-renda, berjumbai-jumbai. Nanti repot bu, kalau anaknya lari-lari, hehehe. Topi atau payung juga jangan lupa dikenakan. Tambahan lagi, ibu-ibu jangan lupa ya sunscreen! 

3. Batasi waktu kegiatan

Kalau kita orang dewasa tentu mudah saja menyetel tubuh ya, misalnya lelah bisa istirahat atau beli makanan. Sebentar kemudian sudah merasa segar. Nah, menurut saya, kalau anak-anak rasanya agak sulit. Badan sudah capek tapi keinginan bermain masih tinggi. Kalau sudah begitu ya jadi rewel atau menangis tak jelas. Kita harus pandai membaca situasi, kapan harus istirahat, kapan harus berhenti, kapan harus pulang. 

4. Perhatikan jam tidur anak

Pengalaman saya kalau membawa anak keluar rumah, selalu perhatikan jam tidurnya. Anak yang terganggu di jam tidurnya lebih besar kemungkinan untuk rewel, menangis tak jelas, cranky yang berakibat pada rusaknya mood para ibu. Hehehe. Gak mau kan liburannya malah jadi tarik urat sama anak?

5. Bawa minuman dan camilan

Bawalah selalu minuman agar tidak dehidrasi. Plus, camilan ringan untuk anak. Ya memang sih biasanya banyak yang berjualan di sekitar area rekreasi. Malah mungkin ada foodcourt/kantinnya. Tetapi kan ga mungkin kita sebentar-sebentar berhenti beli minum atau jajan. Dengan membawa sendiri minuman dan camilan, waktu kita untuk bersantai menikmati area rekreasi dan wahana tidak terinterupsi untuk jajan, dan pastinya jadi lebih hemat.

Nah, itulah tiga rekomendasi wisata outdoor yang ramah anak di Pekanbaru versi saya. Kalau teman-teman biasanya kemana? Atau punya tambahan tips ? Boleh dishare juga yuk 🙂

14 Comments

  1. Saya ke Pekanbaru malah nggak mampir ke tempat wisata yang disebutkan di atas. Tapi main ke Ulu Kasok, gimana kabarnya ya.

    Dulu waktu anak-anak masih kecil, paling saya ajakin ke kebun binatang. Atau ke pantai untuk main air, kalo ke alam bebas ya ke kawasan Bandungan atau Tlatar di Boyolali.

    1. Ulu Kasok dmn ya mbak? Malah aku baru tau ini hehehe… sbnrnya mau coba bawa anak juga nih ke kebun binatang tp blm sempet

  2. Asyik ya Mbak bisa bawa anak berkegiatan di luar rumah. Mereka jadi punya pengalaman dan jadi happy pastinya 🙂

    1. Iya betul mbak nambah pengalaman buat anak2

  3. Woahh jadi rindu pekanbaru deh akutu baca tulisan kakak. Udah pernah ke Alam Mayang tahun lalu buat nonton konser dan emang rindak banget sih ya banyak pohon. Oh iya menambahkan satu lagi taman outdoor kak, coba deh main ke putri kaca mayang. Di tengah kota tapi oke banget buat menghabiskan sore hari bersama anak dan suami. Bahagia terus kak :3

    1. Waah emang aslinya mana mbak? Pekanbaru? Aku tuh blm pernah cobain Putri Kaca Mayang deh, okok ntr cari waktu kesana, thanks rekomendasinya mba

  4. Wah Theme Park Pekanbaru Wana wisata yang menarik nih menurut saya. Pasti bakal banyak anak yang suka ya. Wisata berpadu dengan pendidikan memang sedang hits ya saat ini. Apalagi ini harga tiketnya terjangkau

    1. Iya betul sekali mbak. Yang suka ga hanya anak-anak, muda mudi milenial apalagi hihihi

  5. Baca tentang Asia Farm langsung kebayang permainan Hayday yang dulu suka aku mainkan, jadi bisa ikut merasakan kehidupan di peternakan gitu ya. Mana tiket masuknya juga cukup terjangkau. Sayangnya, saya belum pernah ke Pekanbaru. Someday jika ada kesempatan mau mampir ah.

    1. Bener mbak, Asia Farm ini memang kabarnya terinspirasi dari permainan Hayday yang dulu ngetrend…
      Mgkn kalau bisa disandingkan ini tuh mirip dengan Farm House Susu Lembang. Mirip2 bgitulah kira2

  6. asikk banget bisa keluar dan mengajak anak bermain bersama di tempat wisata seperti ini.
    Anak2 pasti sangat senang sekali kalau melihat sesuatu yang baru 🙂

    1. Betul mbak, anakku aja sampe ketiduran saking lelahnya hilir mudik nemu hal baru hehehe

  7. Pas anak-anak masih kecil, kami suka sekali membawa anak-anak wisata alam.
    Segala tempat yang bisa menumbuhkan curiousity nya, ditempuh.
    Sekarang,
    Anak-anak sudah makin besar.
    Mereka seringnya wisata alam bersama teman-temannya dari sekolah.
    Akhirnya Mama kudet sekarang.
    Ada wisata baru apalagi di kotaku, Bandung?

    Huuhuu~
    Nikmati waktu kebersamaan saat mereka masih banyak bertanya…
    Itu menyenangkan..
    ((kok nasehatku kek yang aku tuwir amaat yaak..? hahaha…maafkan….))

    1. Hahaha gapapa mbakkk nasehat dari yang sudah senior :p :p
      Tapi aku stuju lho memang kalau wisata alam ini menambah rasa ingin tahu dan pengetahuan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *