REVIEW

Acquassimo, Sanitiser Andalan Ibu

Bagi saya, menjadi seorang ibu berarti terus menerus belajar untuk memahami anak. Tujuannya sederhana, yaitu agar saya bisa memberikan yang terbaik bagi anak dalam tumbuh kembangnya dan mempersiapkan dirinya kelak untuk masa depan. Hal ini mencakup banyak hal mulai dari nutrisi, stimulasi yang terbaik, pendidikan, keuangan, dan kesehatan. Bagaimana memastikan anak mendapatkan semuanya yang  terbaik menjadi fokus seorang ibu di dalam perannya sehari-hari.

Untuk urusan kesehatan, tak jarang, ibu jadi sangat overprotective terhadap anak. Apalagi jika usianya masih sangat kecil, bahkan terhadap hal-hal yang nampak sepele. Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya ada beberapa keadaan atau masa dimana seorang ibu perlu sangat memperhatikan kebersihan anak, seperti berikut ini:

1. Perkembangan anak: masa oral

Masa oral anak merupakan tahapan perkembangan pada bayi dimana ia memeroleh kepuasan yang bersumber di daerah mulut. Dasar dari perkembangan masa oral ini ya karena adanya pemenuhan rasa lapar dan haus. Lama-lama ia berkembang tidak hanya pemenuhan lapar dan haus. Periode tumbuh gigi biasanya akan mendorong anak untuk menggigit, yang merupakan salah satu kegiatan oral. Menggigit akan membantu anak mengurangi rasa tidak nyaman pada saat tumbuh gigi. Biasanya, kita memberikan teether untuk mainan anak yang bisa digigitnya. Namun, terdorong oleh keinginan eksplorasi terhadap lingkungan juga, anak lalu mulai memasukkan benda-benda lain ke dalam mulutnya.  Wah, kalau sudah begini moms yang panik. Kuman dan bakteri sudah pasti ikut masuk ke dalam mulut dan bisa jadi sumber penyakit untuk anak. Mau dilarang? Wah, sebaiknya jangan karena masa oral ini adalah masa eksplorasi anak yang penting untuk perkembangannya. Solusinya, jauhkan anak dari benda berbahaya dan sediakan lingkungan yang aman dan bersih agar anak bebas bereksplorasi.

2. Memasuki masa MPASI

Saat anak berusia 6 bulan, berarti saatnya kita memberikan MPASI bagi anak. Anak yang tadinya hanya minum susu saja, kini menikmati berbagai jenis makanan dan tekstur yang semakin meningkat. Moms jadi mulai sibuk mengatur menu dan memasak untuk si kecil. Moms juga memikirkan strategi bagaimana caranya supaya sesi makan menjadi sesi yang menyenangkan untuk anak. Di sisi lain, anak yang belajar makan tentu makannya masih berantakan. Bagaimana tidak kalau sendoknya jatuh berkali-kali ke lantai, atau bukannya menyendok makanan, malah mencoba meraih benda-benda lain dengan sendoknya. Makanan berjatuhan ke atas meja dan kemudian anak berhenti memakai sendok dan mulai mengambil makanan dengan tangannya. Bersikap lebih sabar terhadap kotor sangat diperlukan. Kalau sebentar-sebentar kita membereskan makanan yang jatuh atau bolak-balik mengelap tangan dan mulut anak, bisa-bisa dia tidak belajar. Solusinya kebersihan alat makan dan baby chair anak menjadi fokus saya. Dengan begitu, anak akan belajar makan sendiri tanpa saya kuatir kuman dan bakteri. Makanan berjatuhan dipungut lagi tak mengapa, asalkan masih di mejanya bukan di lantai.

3. Saat bermain

Salah satu kegiatan outdoor yang disukai anak saya adalah berlarian di halaman rumah, mencari serangga, dan menyiram tanaman. Wah, kebayang kan, kalau jatuh atau memegang tanah dan serangga. Kumannya tidak kelihatan tapi pasti bisa jadi sumber penyakit. Melarang anak bermain sepertinya tidak mungkin, karena banyak manfaat bermain di luar. Nah, biasanya kalau main outdoor anak cenderung lebih kotor, jadi saya bersihkan dulu dengan air dan sabun, dikeringkan, baru kemudian diberikan sanitiser lagi. Fungsinya untuk memastikan bahwa kuman benar-benar sudah hilang. Hal yang sama kalau anak saya ikut acara diluar, misalnya kondangan atau pesta ulang tahun. Biasanya sanitiser juga jadi andalan saya karena lebih praktis dibandingkan antri ke wastafel restoran. 

Ada kalanya juga anak lebih senang bermain di dalam rumah bersama boneka-boneka dan mainan lainnya. Kadang ini luput dari perhatian, karena beranggapan mainan di dalam rumah lebih bersih. Padahal belum tentu benar, kan? Makanya, saya menyiapkan waktu biasanya seminggu sekali untuk membersihkan mainan anak. Mainan bersih, anak senang, ibu tenang.

4. Stimulasi motorik halus anak

Mulai usia 2 tahun, anak dapat mulai diberikan kegiatan yang menstimulasi motorik halusnya. Saya tidak mau melewatkan masa-masa ini, sehingga saya termasuk sering memberikan dia aktivitas yang merangsang motorik halus. Aktivitas tersebut seperti bermain knobbed puzzle, mewarnai, memegang sendok dan memindahkan beras, dll. Material mainan lain misalnya seperti bermain pasir kinetik, playdough, atau baki berisi mainan hewan-hewan kecil. Sebelum bekerja dengan material tersebut biasanya sudah saya  ‘sounding’ bahwa kita akan main, mainannya tidak boleh masuk mulut karena bukan makanan, dan  sesudah bermain harus membersihkan tangan supaya bersih dari kuman. Selama bermain, anak juga dipantau agar tidak memasukkan tangan ke dalam mulut.

5. Sebelum makan dan sesudah ke toilet

Menjaga kebersihan diri seharusnya sudah bisa diterapkan meskipun anak masih kecil. Ini sesuatu yang saya anggap penting. Berdasarkan pengalaman menjadi guru TK dulu, ternyata anak-anak sudah bisa kok diajarkan kebersihan diri, asalkan selalu konsisten. Sebelum makan, anak-anak selalu membersihkan tangan di wastafel lalu setelah duduk diberikan lagi sanitiser. Kemudian saat selesai dari toilet, mereka dibiasakan mencuci tangan lagi dan menggunakan sanitiser. Nah, ini sedang saya terapkan kepada anak untuk meningkatkan kesadarannya terhadap kebersihan pribadi. 

Review ACQUASSIMO, Sanitiser Andalan Ibu untuk Semua Hal

Acquassimo adalah air sanitasi yang 100% alami dan dapat membunuh 99,9% bakteri dalam hitungan detik saja. Kandungannya adalah air dan asam alami, yakni Asam Hypocholorous. Asam Hypochlorous ternyata juga diproduksi oleh tubuh kita yang berfungsi melawan kuman dan bakteri. 

Kemasan

Acquassimo dikemas dalam 4 ukuran, yaitu 40ml dan 100 ml (travelling size), 300 ml (economic size), dan 500 ml (family size). kemasannya adalah botol plastik dengan corong spray, yang memudahkan cairan tersebar di tangan atau benda-benda yang ingin disterilkan. Kemasan kecil cocok menemani perjalanan travelling atau saat berativitas di luar rumah. Sedangkan kemasan besarnya, cocok ditenpatkan di rumah, pas untuk membersihkan apa saja.

Tekstur dan bau

Biasanya dalam hand sanitiser terkandung wangi-wangian tertentu atau tercium aroma alkoholnya. Kalau Acquassimo berbeda. Tidak ada aroma tertentu yang tercium. Setelah diusapkan ke telapak tangan pun cepat meresap, tidak lengket, dan tidak ada bekas bau yang menempel. Teksturnya juga lebih cair dibandingkan hand sanitiser pada umumnya.

Kandungan

Pada umumnya, sanitiser adalah pembersih berbasis alkohol dan menggunakan tambahan aroma tertentu, seperti wangi jeruk atau strawberry. Alkohol ini berbahaya, apalagi jika ditambah pewangi aroma tertentu. Anak-anak, dipenuhi rasa ingin tahu yang besar bisa tergoda menelan cairan sanitiser yang pasti berakibat buruk untuk kesehatannya.

Beruntungnya, kandungan dalam Acquassimo hanya air dan hypochlorous acid. Tanpa tambahan pewangi, produk Acquassimo adalah sanitiser non-alkohol sehingga aman digunakan untuk bayi sekalipun yang kulitnya masih sangat sensitif. Acquassimo juga aman jika terkena mata atau tertelan oleh anak, mengingat kandungannya yang alami.

Cara pemakaian

Moms tinggal menyemprotkan saja secukupnya ke tangan atau benda-benda lain yang ingin dibersihkan. Tidak perlu dikeringkan dengan tissue/lap atau dibilas dengan air. Oh ya, moms tidak disarankan untuk mengisi ulang cairan Acquassimo dari botol besar ke botol kecil karena kualitasnya bisa menurun.

Apa saja yang bisa dibersihkan dengan Acquassimo

Acquassimo dapat digunakan untuk membersihkan apa saja? Tentunya, untuk membersihkan tangan anak dan orang dewasa. Untuk baby stuff, misalnya, mulai dari teether, dot/pacifier, booster seat, botol susu, playmat, boneka, mainan anak, alat MPASI. Untuk peralatan rumah tangga juga bisa seperti sendok garpu, gagang pintu, gagang kulkas. bahkan digunakan untuk membersihkan handphone atau setir mobil. Serbaguna sekali, kan!

Jaminan halal dan aman

Acquassimo sudah memiliki beberapa daftar sertifikasi dan penghargaan Internasional. Selain itu, beberapa lembaga juga telah menguji kegunaan dan kandungan alergi atas produk Acquassimo. Acquassimo juga telah mendapat predikat sanitiser halal dari Jepang. Selengkapnya bisa moms lihat disini

Harga dan tempat membeli

Harga Acquassimo bervariasi sesuai dengan ukurannya. Untuk ukuran 40 ml harganya Rp 65.000, 100 ml harganya Rp 101.850, 300 ml harganya Rp 173.250, dan 500 ml harganya Rp 257.250. Mom bisa membeli produk ini secara online di websitenya www.acquassimo.co.id atau melalui toko-toko reseller Acquassimo. Moms juga bisa pantau instagramnya di @acquassimo.id untuk tahu update dan info terbarunya

Saya yakin semua ibu pasti akan memberikan perlindungan yang terbaik untuk anak-anaknya. Satu langkah kecil bisa dimulai dari memastikan kebersihan anak tetap terjaga dimana pun dan kapan pun. Kalau saya, sudah percaya sama Acquassimo, moms gimana? Share yuk di kolom komentar!

Sumber foto dan video :

www.aqcuassimo.co.id

Dokumentasi pribadi

 

48 Comments

  1. Praktis dan hygienis ya..anak2 pun jadi bebas bermain dan nggak takut kuman

      1. Wah rekomendasi baru nih. Aku termasuk yg cerewet soal sanitasi. Anak2 wajib bawa hand sanitizer di tas. Apalagi aktivitas mereka sebagai remaja sangat tinggi di tempat2 umum yg kita nggak tau kebersihannya.

  2. Aku bisa dibilang manusia OCD dan ADD, everything has to be perfect and clean, but not for very long time. Haha. Tapi soal sanitizer aku bisa dibilang freak sih Kak Helen. Cuci tangan 10 step. Selalu bawa hand sanitizers kemana mana. Serisih itu klo tangannya abis megang something wlopun gak jorok pasti deh pengen langsung dibersihin.

    Trus baca acquassimo produk jepang. Non alcohol dan aman buat dikumur aku jadi pengen nyobain! selalu percaya dengan kualitas produk jepang. Karena emg teruji klinis dan gak harmful.

    Thank you for sharing Kak Helen. Have a nice day

    1. waaaww cuci tangan kayak skinker muka ala korea hahahaha… iyaa aman banget pake acquassimo :))

  3. naaaah kalo g ada aromanya gini aku suka mba. selama ini jujur aja aku kurang suka pake hand sanitizer krn pertama agak lengket, kedua ada aromanya td. makanya aku lbh milih cuci tangan pake air dan sabun.

    tp kalo produk ini lbh mirip air dan ga pake aroma, akh bakal suka sih sepertinya :). mau cari deh utk dibawa sehari2.

    1. iya mbak..susah nemu yang ga pake aroma, sampai ketemu si acquassimo. hehehe

  4. Ngajarin si kecil buat jaga kesehata dan disiplin juga yak.
    Acquassimo memang penting banget dimiliki tiap mom.
    soale si kecil emang fase2nya banyak main dan kudu dijaga higienitasnya

  5. Ternyata ada juga sanitiser untuk bayik ya. Senang bisa tahu ada ini jadi bisa dipakein ke ponaan-ponaan aku.

    Karena selama ini aku gak berani kasihin sanitiser punyaku ke mereka. Walaupun mereka suka mintain gitu kalau aku lagi makai. Hehe

    Nice info sih ini. Thank you for ur sharing, Mbak

  6. Acquassimo ini faveku banget! segala aku semprotin deh pokoknya. secara samaan banget, anakku dan ponakan masih masa oral, jadi biar gak ada debu dan kuman nakal, semua disemprotin hihi..

  7. Uwew, keknya praktis banget ni produknya. Kalau utk di Pekanbaru susah ga yaa dapatnya mbak? Atau harus beli online? Setelah baca kayanya aku jadi tertarik pengen nyobain. Walopun belom punya anak, utk diri sendiri pun ini bagus banget yaa

    1. kemaren aku dapet di OOBaby Jl Dahlia..toko lain belum nemu. mereka reseller harganya sama soalnya ga dinaik2in dari yang resmi

  8. Ini sih aman banget sanitizernya. Apalagi banyak sertifikasinya. Emang aki gk bisa lepas dari kata halal. Pemakaiannya juga bukan untuk balita aja tetapi orang dewasa juga.

    1. iya mbak, bs dipakai bayi, anak, dan dewasa, sampe segala alat2 juga bisa hehehe

  9. aku cari susah nih di toko dekat rumah, kandungan non alkokolnya dan wangi ga menyengat rasanya bikin aku pengen borong mba hahaha pantes sih harganya lumayan yah acquasimmo ini

    1. iya harganya menyesuaikan wkwkwk

  10. Anakku termasuk yang suka banget pakai sanitiser nih.. dari yang tisu basah sampai yang gel.. dan yang spay gini belum pernah aku kasih ke anakku nih.. kalo tau pasti dia seneng banget deh..

  11. banyak juga ya ukurannya, jadi mudah klo mau nyetock buat travelling atau sediaan di rumah

  12. Tinggal semprot ya mba adaa acquassimo ini
    aku jadi pengen beli juga, ini buat bunda dan anak-anak jadi aman dari kuman ya
    Karena belum ada anak kecil, aku belinya entar2 ah.
    Tapi peansaran juga pengen make wakakak

  13. Saya sampai keliling mencari tapi blm ketemu juga lho. Maklum di kampung. Mungkin distributor pikir kalaupun disediakan tidak akan ada yg beli, hahaha….
    Padahal saya perlu dan mau tahu juga. Pengen coba

    1. Coba beli ke webnya aja langsung mbak, atau via ig nya

  14. Ya ampun seneng banget aku baca artikelnya mbanya ini. Ilmu parentingnya aku catat untuk bekal di masa depan kalau udah nikah dan jadi ibu nih hehehe. dan kuterkesima dengan Acquassimo yang enggak cuma bisa dipakai sebagai hand sanitiser tapi juga bisa untuk membersihkan peralatan baby lainnya ya. Komplit. Mana bahannya hanya air dan hypochlorous acid. Tanpa tambahan pewangi, produk Acquassimo adalah sanitiser non-alkohol pula. Aah jadi pengen beli buat ponakan 🙂

  15. Anak seumuran ini apa aja masuk mulut ya, kadang suka ngeri deh kuman masuk mulut. Berguna banget ya dengan adanya sanitiser, tapi aku belum pernah nyobain acquassimo nih, nanti aku cari deh

  16. “Cuci tangan, cuci tangan!” hahaha anakku paling doyan kalo udah waktunya cuci tangan. Tapi kadang kalo lagi di mall wastafelnya jauh tu agak mamas emaknya nih haahaha, jurus andalan ya apalgi kalo bukan si hand sanitizer.

    Dan baru tau ada merek ini produk Jepang tapi sudah dpaat sertifikasi halal, keren! Tfs mbak, next aku mau cari siapa tau di toko bayi lagganan sudah ada.

  17. Rizka Edmanda

    Ini andalanku banget selalu dibawa kapanpun dan dimanapun. Btw di shopee lagi ada promo acquassimo deh, beli 3 pcs yg 100ml gratis 1 botol yg 300ml hehe

    1. Wow nice info hahaha buat stok. thankkyouu

  18. Pas sekali produk ini untuk aku yang suka “gila” dengan kebersihan. Hihi.. Tapi saat menengok harganya, wow cukup merogoh kocek ku juga nih. Sepertinya produk ini belum masuk di minimarket yah mbak? Karena aku belum pernah melihatnya.. Mudah-mudahan bisa segera masuk ke rak di minimarket juga supaya makin mudah mendapatkannya..

  19. Kemasanya simpel dan bisa masuk tas kecil, jadi main dimanapun nggak khawatir kalo harus cari utk cuci tangan ya, tinggal semprot bebas dari kuman

  20. aku juga pake acquasimmo ini untuk membersihkan tangan anakku yang suka pegang sana sini sembarangan kak. karena non alkohol ya jadinya lebih aman buat anak kita

  21. Kalau sudah ada logo halal, pakainya pun tanpa was-was.
    Bertambah lagi nih referensi sanitiser andalan 🙂

  22. aku baru tau ada yang merk ini mba..dan sepertinya memang friendly bangeet ya buat kulit. Good to know we have more choices now

    1. Iya mbak…makin banyak pilihan yang lebih bagus

  23. Wah cocok ini ya di bawa traveling, Acquassimo dapat membunuh 99,9% bakteri dalam hitungan detik saja. Jadi bisa aman dan nggak kuatir kalau keluar rumah

    1. Di luar rumah pun hati mamak tenang hehehe

  24. wahhh pake acquassimo ini hati lebih tenang yaa, Mba, kita gak perlu khawatir karena gak mengandung alkohol 🙂

    1. Iya mbak, no alkohol -nya juara banget

  25. Praktis ya penggunaanya Mbak. Tinggal main semprot saja. Lebih pentingnya lagi karena Acquossimo ini merupakan produk yang bisa bikin bunda tenang ya karena dapat memberi perlindungan pada anak. So orang tua yang punya bayi seperti saya kudu banget nih punya sanitiser ini

  26. Alhamdulillah, sebagai calon ibu, setidaknya aku mendapat referensi sanitiser yang aman dan tdk beralkohol, memang benar kalau anak masih bayi it perlu banget streil semua krna ap2 diemut sama anak

  27. Bisa jadi alternatif untuk membersihkan tangan ya. Apalagi acquassimo tidak menyengat aromanya, cepat meresap, tidak lengket, dan tidak ada bekas bau yang menempel. Anak-anak pasti suka, deh!

  28. Wah, ada yang ukuran 100 ml ya. Pas banget dibawa untuk traveling. Nice. Jadi kalau kemana – mana kudu dibawa supaya kita dan anak2 lebih terlindungi ya. Apalagi anak2 yang semuaaa maunya dipegang hihihi.

  29. Ini nih produk yang aku cari, jadi anakku kena bakteri di saluran cerna, gak sekali dua kali tapi sering kali, ini karena kebiasaan anakku megang sesuatu langsung masukin ke mulut, ini kudu dicegah juga ini,,,bisa diantisipasi pke acquassimo

  30. Pas banget nih karena kebetulan sekali anak sulung usia 5th selalu ingin menyentuh adiknya yang bayi meskipun sementara bermain
    Kadang khawatir dengan tangannya yang kotor. Nah ada satu ini jadi pengen coba

  31. Nah ini pas banget dari kemarin cari hand sanitizer yang aman buat anak-anak jika *sedikit* tertelan, ktemu deh Acquassimo wajib beli dan punya dirumah kalau gitu 🙂

  32. Wow, harganya lumayan mehong yaa.
    Tapi ada harga pasti karena ada kualitas.
    Saya suka kalo minim aroma alkohol dan gak lengket.
    Pengen beli aah buat anak.

  33. Ternyata ada 4 macam kemasan ya, yaitu 40ml dan 100 ml (travelling size), 300 ml (economic size), dan 500 ml (family size). Ini membantu banget untuk orangtua yang mau traveling bawa anak dan tetap mau bawa acquassimo ini. Tinggal bawa yang kemasan 40ml aja udah aman deh.

  34. Ingat zaman anak-anak masih kecil, hand sanitizer ini harus ada di stroller, sepeda bahkan tas mama pergi. Kalo gak ada, bingung banget cari tisu basah.
    Alhamdulillah,
    Saat ini ada yang free alcohol dan aman untuk bayi.

  35. mempermudah hidup banget ya kak Acquassimo. Jadinya udah ga perlu khawatir lagi bisa kena kuman dan kotoran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *