Uncategorized

Tenang Sampai Melahirkan Bersama SehatQ

Pada umumnya, kehadiran anak menjadi sesuatu yang diimpikan dalam berumahtangga. Itulah sebabnya, banyak pasangan yang ‘lama’ dikarunia anak amat berusaha memiliki keturunan. Tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk berbagai macam tindakan dokter, konsultasi, obat & vitamin, dan lainnya. Jangan lupakan, doa-doa yang dipanjatkan dengan tangis permohonan agar Tuhan berkenan atas ikhtiar ini. Ketika, akhirnya diberikan kesempatan hamil, perasaan bahagia dan syukur terasa amat meluap. Tanpa perlu berucap janji apa-apa, pasangan yang diberikan kehamilan dipastikan berupaya maksimal menjaga calon buah hati sebaik mungkin hingga tiba melahirkan kelak. Dengan doa yang sama, agar menjadi orangtua yang dipercaya membesarkan anak yang dikaruniakan Tuhan.

Ucapan syukur kami tak terbendung sewaktu tahu hamil pertama kali. Penantian selama hampir 3 tahun belumlah sebanding dengan mereka yang sudah berusaha lebih lama dari kami, ada yang 10 tahun, 15 tahun, dsb. Kami amat hati-hati menjaga kehamilan anak pertama ini, bahkan terlalu hati-hati sehingga malah jadi lebih panik kalau ada sesuatu agak lain. Agak lain disini maksudnya adalah pengalaman hamil yang berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang disekitar. Maklumlah, namanya newbie, apa kata orang semua didengar. Belum lagi banyak mitos-mitos beredar, entah benar atau tidak, cenderung dihindari saja supaya aman. Akhirnya, bingung sendiri deh. Padahal seharusnya tidaklah demikian. Kehamilan tiap orang pasti berbeda, tidak bisa disamakan satu dengan yang lain. Selama kehamilan itu sehat dan baik menurut penilaian dokter, kenapa harus kuatir?

contoh mitos-mitos mengenai kehamilan

Beruntungnya, di era digital ini, dunia teknologi kesehatan pun ikut berkembang. Informasi-informasi kesehatan banyak beredar, baik di website atau aplikasi kesehatan, untuk membantu kita memahami suatu hal.  Kini, saya sedang hamil anak kedua dan juga mengurus satu balita. Tentunya pasokan informasi yang banyak terkait dengan kehamilan dan kesehatan anak akan sangat bermanfaat bagi saya. Tidak lagi mudah termakan mitos dan apa kata orang, saya lebih mengandalkan hasil konsultasi dengan dokter kandungan dan mengolah informasi dari sumber yang akurat dan terpercaya. Salah satu situs yang menjadi andalan saya adalah SehatQ.com

SehatQ.com Teman Selama Kehamilan

SehatQ hanya sejauh genggaman. Download aplikasinya, yuk!

SehatQ adalah situs kesehatan yang membantu kita dalam mengelola kesehatan diri pribadi dan keluarga, mulai dari pencegahan, pengobatan saat sakit, dan perawatan lanjutan setelah sembuh. SehatQ hadir sebagai jawaban memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang semakin mobile, didukung dengan kemajuan teknologi sekarang. Orang tak perlu lagi repot mencari informasi yang akurat dan handal untuk dijadikan pedoman hidup sehat, asisten kesehatan pribadi dan keluarga hanya sejauh genggaman. Dan yang penting lagi, SehatQ menghubungkan kita dengan tenaga medis/penyedia layanan kesehatan yang terdekat dengan tempat tinggal kita.

SehatQ telah banyak menemani perjalanan kehamilan kedua saya. Pengalaman hamil anak pertama yang cukup berbeda dengan anak kedua ini, membuat saya harus lebih rajin update informasi agar tidak sesat atau panik jika ada sesuatu yang tidak biasa yang saya alami. Sebut saja beberapa diantaranya, mual berkepanjangan sepanjang hari, atau dorongan meludah selama trimester pertama, naiknya asam lambung hingga sesak, adanya keputihan, dan kebanyakan air ketuban. Berkat banyak membaca artikel kesehatan yang sudah terpercaya, saya jadi belajar apa penyebab, gejala, dan bagaimana mengatasinya secara mandiri.

Fitur Juara : Chat dan Booking Dokter Online

Di trimester kedua, saya menyadari bahwa perut saya nampak besar secara berlebihan. Bila dilihat sekilas seperti orang yang sedang hamil delapan bulan, padahal usia kandungan masih enam bulan. Kata orang, itu wajar saja, karena rahim kita sudah “melar” akibat hamil dan melahirkan pertama. Ditambah lagi adanya lemak di area perut. Namun, saya rasakan ada yang berbeda, kaki terasa bengkak, sembelit, mulai gampang sesak napas, dan  perut terasa kencang. 

Wah, daripada bingung sendiri dan berujung kepanikan, fitur TANYA DOKTER bisa dimanfaatkan untuk bertanya secara langsung. Setelah bertanya, barulah saya tahu istilah polihidramnion alias air ketuban berlebih. Dokter pun menyarankan untuk membaca artikel lebih lanjut dan berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk tindakan yang diperlukan.

Tentu urusan begini tak cukup hanya membaca artikel dan chatting dengan dengan dokter. Saya ingin melanjutkan berkonsultasi dan pemeriksaan usg langsung dengan dokter. SehatQ juga menyediakan fitur BOOKING DOKTER untuk memudahkan mengatur jadwal pertemuan secara langsung dengan dokter. Tinggal cari fitur dokter dan cari saja nama dokter yang sesuai. Nama-nama dokter akan langsung terpampang disitu dan mendaftar pun semudah menekan tombol klik. Ternyata dokter kandungan saya juga sudah ada di SehatQ 🙂

Era digital menawarkan kemudahan untuk mendapatkan akses informasi kesehatan. Sebagai situs yang update dan terpercaya, saya tidak ragu memanfaatkan SehatQ sebagai teman selama kehamilan. Bahkan sebenarnya, SehatQ juga adalah aplikasi mengelola kesehatan seluruh keluarga. Selain fitur diatas tadi, ada banyak artikel disediakan disini. Mau cari tentang kesehatan anak & menyusui, ada. Mau cari tentang kulit dan kecantikan, ada. Mau cari tentang penyakit, ada juga. Informasi mengenai obat juga disediakan disini. Tak ketinggalan,  informasi mengenai rumah sakit terdekat di sekitar kita.

Kalau moms, pakai aplikasi apa? Sudah pernah pakai SehatQ? Sharing di kolom komentar, yuk!

73 Comments

  1. Asyik banget ada aplikasi SehatQ ini, jadi lebih tenang ya, nggak mudah kemakan mitos atau lainnya.
    Nggak panikan juga karena bisa cari tahu dari ahlinya langsung.
    Fitur booking dokternya juga keren tuh, memudahkan banget 🙂

    1. Iya mbak, memudahkan banget untuk konsultasi dan booking dokter 🙂

  2. Sehatq mmg fitur superlengkap. Tanya dokternya pun cepet responnya

    1. Iya jaman sudah canggih pakai aplikasi aja mau janjian sama dokter. Di bandingkan jaman dahulu, sudah datang ke tempat praktek, eh si dokter pergi seminar, ngeselin banget.

      Sehatq doa dan harapan kita semua

  3. Senangnya ya sekarang ini di era digital, kalau mau mencari pengetahuan seputar kesehatan tidak susah. Dulu waktu hamil anak pertama, aku sampai beli buku2 kehamilan banyaaak, karena ya namanya hamil pertama kali kan deg-deg an juga. Sekarang praktis sekali, bisa pakai aplikasi SehatQ ya untuk mendapat informasi seputar kesehatan dan bisa konsul online juga.

  4. Harus banyak yang tahu nih biar bumil-bumil gak banyak termakan mitos ya kalau ada aplikasi sehatQ ini

    1. Iya mbak, harus selektif dengerin mitos2 hehehe

  5. Wah, cucok banget nih aplikasinya buat aku yang suka mudah panik kalo anak lagi sakit atau demam. Bawaannya suka pengen buru-buru dapat kabar sakit apa dan harus diapain hehehe.
    Untung ada aplikasi yang memudahkan kayak gini yah, jadi kita bisa terhindar dari berita2 hoax yang banyak beredar. Pengen download juga ah aplikasinya

    1. Iya mbak, berita hoax apalagi ttg kesehatan bikin makin khawatir.

  6. cuss aku langsung mau download ah, soalnya suka butuh info segala macem soal kesehatan nih hehehe, sekalian mau infoin ke temenku yg lagi hamil juga hehe

    1. Yeaay..iya mbak cuss download 🙂

  7. Kadang aku suka parno sama mitos kehamilan Benar apa enggaknya ternyata tidak dibuang jauh jauh mitosnya. Makasih mbk makasih sehatQ jadi bisa tanya-tanya nih

    1. Hihihii bener banget mbak, di SehatQ juga banyak info kesehatan yang lain, lengkap

  8. Jadi ingat dsog saya dulu. Beliau bilang selama gak ada indikasi penyakit, ya makan gak usah dipantang. Asalkan bijak aja asupannya. Sekarang dunia digital semakin meudahkan informasi seperti ini, ya

    1. Iya setuju mbak, yang penting ga ada sakit dan makan secara bijak

      1. RACHMANITA

        Saat ini teknologi makin maju ke dokter jadi gak perlu nganti ngantri gitu jadi cukup ya download aplikasi sehatq ini untuk lebih mudah ya

  9. Buat bumil, ada pegangan buat konsul kesehatan akan membantu banget deh mbak. Pengalamanku yg sempat perdarahan dan hampir keguguran saat hamil pertama kali, rasanya dagdigdug banget. Nunggu malem baru bisa konsul dokter…hanya bisa bedrest tp gak bisa berbuat apa2. Skrg ada sehatq, bisa konsul kapan aja.

    1. Iya mbak, fitur chat dokternya seenggaknya bisa ngurangin deg2an krn bingung dan kuatir.. tetep sih harus cek langsung ya ke obgyn

  10. aku udah download juga dong sehat1 ini udah sebulanan, buat anak kos sih bermanfaat bgt mbak,, ga ada ortu, bisa konsul kesehatan dan minta perhatian dri dokter, hihi

    1. Minta perhatian dari dokter (??) Hahahaha *Salfok

  11. Wah teryyata emang ngebantu banget ya Sehatq ini. Aku kira hanya untuk pengobatan biasa aja. Teryata bisa juga buat membantu saat kelahiran

  12. Bersama SehatQ ibu hamil pun akan tenang menghadapi proses persalinannya ya mbak. Waaah benar-benar recommended aplikasi ini. Tak perlu ngantri panjang atau bingung karena dokter langganan berhalangan praktek, cukup konsultasi online sambil membaca artikel yang berkaitan dg proses melahirkan, maka si calon ibu pun tak perlu was-was atau takut ketika hari yang ditunggu-tunggu tiba.

  13. SehatQu membantu sekali buat bumil biar gak panikan sebelum cek up ke dokter ya mom, trus fitur2nya oke banget lagi saya jadi tertarik pengen download juga 🙂

    1. iyaaa…cuss langsung download mbak 🙂

  14. Arda Sitepu

    Iya mak, sehat selalu menjelang lahiran ya. Aku juga pakai aplikasi sehatq buat jaga2 di rumah.

    1. Aminnn…makasiiii Nenii 🙂

  15. Pas hamil, apalagi kehamilann pertama tu memang dag dig dug ser ya…. Aplikasi seperti ini membantu banget untuk dapat info supaya hati jadi lebih tenang ya Mbaaa….

  16. Asyik banget bisa langsung chat dengan dokter di sehatq ini. Dokternya fast respond 🙂

  17. Aku udah download juga nih aplikasinya memang membantu banget karena bisa konsultasi dokter online kapanpun dimanapun

  18. Aplikasi SehatQ ini membantu banget buat kami yang nggak bisa selalu berangkat ke rumah sakit. Paling malas sih buat keluarga kami pergi ke klinik atau rumah sakit. Jadi kalau ada gejala apa² tanya ke SehatQ aja, Insya Allah selalu ada solusi.

  19. Sempat booking dokter apa aja di sini mba.. dan pastinya banya referensi yang bisa dibaca yaa

  20. Keren sekali ini aplikasi
    Memudahkan bumil memantau kesehatan

    Dapat info tambahan
    Hati tenang
    Kehamilan lancar.

    Sehat sehat ya bumil

  21. aku juga pake sehatQ mbak buat ngecek keluhan2 ringan yang bisa di selesaikan sendiri karena aku males ngantri buat cek ke dokter 🙂

  22. Sayangnya gak bisa booking dokter di luar pulau Jawa. Padahal pengen bgt bisa booking dokter di Palembang jd ga susah2 lg klo mau ke dokter

    1. Aku di Sumatera bisa kok, kak. Setting dulu lokasinya di mana, biasanya nanti langsung menyesuaikan dengan RS & dokter ditempat kita tinggal

  23. Selama masa kehamilan penting banget ya memantau kesehatan ibu dan janin dalam kandungan, bisa dipantau secara terus-terusan melalui aplikasi sehatQ, penting banget nih apalagi bisa chat dan booking dokter

  24. Aku juga blom lama ini lahiran anak kedua kak, lancar2 dan sehat sekalu ya sampai hari H. Kalo ada yg bingung dan merasa resah bisa lgsg chat sama dokter di aplikasi sehatq ya

    1. gak keliatan udah anak dua, mbak 🙂 hihihi Amin makasi doanya

  25. Zaman now emang harus update segala sesuatunya secara online ya. Keren banget sekarang ada aplikasi kaya SehatQ gini, bikin kita lebih mudah konsultasi dengan dokter yang recommended.

  26. Woaah wajib aku rekomendasiin nih SehatQ buat bibiku yang lagi hamil, aplikasinya mantul banget yaa ada fitur Tanya Dokternya juga

  27. Baru tau ada aplikasi SehatQ ii buat untuk memantau kesehatan apalagi ada fitur tanya dokter. Jadi semakin mempermudah ya

  28. Penting banget nih..apps yang bisa menuntun semua dalam kebenaran.
    Hehehe… Biasanya pas hamil memang suka baper karena mitos.

  29. Saya pernah pakai aplikasi sehatq buat daftar dokter gigi anak, suka baca artikel2nya juga. Sennag ya hidup di zaman di mana informasi mengenai kesehatan bisa dengan mudah diakses kyk skrng.
    BTW sehat2 ya bumil, moga lancar sampai hari persalinan nanti amiin

    1. iyaa membantu ya aplikasi ini. makasih doanya mbak 🙂

  30. senangnya sekarang cari info kesehatan semakin mudah. mau tahu ini itu tinggal klik. daripada termakan mitos dan malah membahayakan diri, seperti selalu bawa gunting kemana2 takut ‘diganggi’

    1. Aku pernah denger tuh bawa gunting juga biar aman selama hamil katanya… padahal kalo salah naroh ato buru2 ngambil dari tas malah bisa ketusuk sendiri

  31. Dulu kalau lahiran, bawaannya mudah panik mba. Gelisah dan takut gitu. Skarang asyik ada aplikasi yang juga ngebantu ya mba

  32. Fasilitas booking dokternya nih yang belum aku coba. Di Bogor katanya ada beberapa yang udah bisa. Nanti ah coba kita booking via SehatQ

  33. Sehatq ini aplikasi andalan banget, data informasi kesehatannya lengkap ya termasuk informasi tentang ibu hamil gitu. Sehat terus yaaa

  34. Eh, ini donlot nya gratis kan ya? Trus kalau mau chat dokter langsung dan juga buat janji sama dokternya gratis atau berbayar ya? Maaf nanya kaya gini

    1. engga berbayar kok. ya pas udah konsul di rs pasti kena charge ya hehehe

  35. Jadi waktu ku hamil aku sering buka buka artikel dan baca QNA di SehatQ, pernah nanya dokter disana eh di balas, happy

  36. salah satu mitos yg paling aku takutkan pas nanti hamil ga boleh makan es dan minum ari dingin katanya bayinya gede, pdhl aku makan es batu dan minum air dingin tiap hari huhuhu untuk cuma mitos

  37. Mitos saat hamil wuih buanyak banget mba salah satunya yang minum air dingin wkwkwk bahkan yang bumil ga boleh tidur siang ntar anaknya males dan banyak kili2nya wkwkk untung yah ada sehatq

    1. oia. aku termasuk pernah dibilangin jangan tidur siang ntar males hahaha

  38. Artikelnya informatif banget mba. Jadi banyak lebih tau dengan adanya fitur-fitur begini. Karena memang mitos masih ada diyakini oleh masyarakat.

  39. Keren aplikasinya. Konsultasi dokter cukup hanya dg kuota. Hemat biaya. Untung hidup di zaman milenial

  40. Trnyata mitos ibu hamil itu banyak banget ya kak. Kalau ga rajin membaca dan cari tahu gawat juga kita jadi terlalu banyak membatasi asupan makanan jadinya

  41. adek ku kemarin pas hamil ngidam duren , untung anaknya ga apa apa pas lahiran, walau kita ketar ketir juga, sayangnya blom tau apps ini waktu itu

  42. Aku juga sudah pakai aplikasi SehatQ ini. Kemarin sempat biduran,rada panik karena paksu sedang sibuk. Langsung pakai fitur chat dokter sehatq, keren deh keluhan dan pertanyaan kita cepat banget direspon dengan dokternya.

  43. Sehat-sehat ya mbk untuk dedek bayi dan dedek balitanya. Aku baru tau tentang aplikasi ini. Makasih sudah share. One day kalau aku berkeluarga, aku bakal coba pakai aplikasi ini juga hehe

  44. Wah kudu download ne mb. Di era digital gini, semuanya dimanjakan banget tinggal klik semua yang ingin ditahu langsung bisa dicari.
    Makasih ya mb infonya.

  45. Wah, terima kasih rekomendasinya, Mbak.
    Mungkin bisa kucatat untuk rekomendasi keluarga atau teman-teman kantor yang sedang hamil. Iya sih, makin berkembangnya teknologi bikin informasi semakin mudah dicari.

  46. Zaman sekarang beruntung sekali kita dimudahkan dengan teknologi ya mbak. Jadi kalau ketemu masalah, bisa juga dapat solusinya lebih cepat. Apalagi yang berhubungan dengan kehamilan, kita kan ga bisa sembarangan.

  47. Infonya berguna banget nih mba, makasiih ya! Kebetulan aku juga lagi mempersiapkan kehamilan, dan jarak dengan hamil anak sebelumnya sudah cukup lama, banyak yang sudah lupa

  48. Anak pertama ya kaaak? Alhamdulillah selamaaaat… Daku masih menanti di usia pernikahan yg ke 4 ini. Hiks, dan rekomendasi aplikasi kesehatan ini kayanya bakal berguna banget sih, makasih infonya ya kak

  49. Wah kece nih app sehatQ! Membantah mitos katanya katanya yg bikin mahmud zaman now dan mertua lintas generasi suka perang kerinyitan dahi. wajib share ini mah buat calon ibu ibu muda yang minim info seputar kehamilan.

    Btw, lancar yaaa lahirannya ntar Kak Helen! Sehat sehat ibu dan debay. Aamiin

  50. Mantap banget aplikasinya, udah gratis fiturnya banyak banget. Aku mau download ah, makasi ya mba udah sharing.

  51. Mantap ya…. sekarang sudah ada aplikasi kayak gini buat bantuin ibu-ibu hamil, apa lagi hamil tua yang susah mau kemana-mana. Ada nya aplikasi ini membantu mereka secara instan berkonsultasi dengan dokter tanpa keluar rumah.

  52. Wah dengan adanya sehatQ, bisa dapat ilmu dari genggaman aja ya mba, nggak kayak dulu hrs baca buku sehat saat hamil, tanya dokter kudu ke RS. Memudahkan banget, Nice

  53. Wah dengan adanya sehatQ, bisa dapat ilmu dari genggaman aja ya mba, nggak kayak dulu hrs baca buku sehat saat hamil, tanya dokter kudu ke RS.

    Memudahkan banget, Nice

  54. mantapp pulak yaa kak aplikasinya tapi pas istriku hamil kemrin ndka pake ini.. baru tau plak hihi

  55. memang perlu banget sih informasi kayak gini, biar ibu hamil ga parnoan kan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *