Uncategorized

Cara Memelihara Daya Tahan Tubuh Anak

Hampir sebulan terakhir, kita semua disibukkan dengan isu kesehatan yang sedang melanda berbagai negara di dunia. Apalagi kalau bukan tentang virus Corona atau Covid-19. Berawal di kota Wuhan, Cina  sekitar bulan Desember 2019, kini COVID-19 sudah menyebar luas di banyak negara, termasuk Indonesia. Penyebaran virus ini sangat cepat dan menyerang siapapun yang imunitasnya rendah. Oleh karena itu, daya tahan tubuh yang baik menjadi salah satu kunci utama untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh kita.

Dilansir dari laman kemenkes.go.id pada tanggal 6 April 2020, di Indonesia telah dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 2090 kasus, dinyatakan sembuh 192 kasus, dan dinyatakan meninggal 209 kasus. Yang mengkuatirkan lagi, sepertinya data ini akan terus meningkat mengingat semakin banyaknya orang yang terjangkit.

Anak tetap wajib dilindungi dari virus ini. Pasalnya, sistem imun pada anak masih belum sempurna alias dalam tahap perkembangan. Hal ini membuat anak rentan terhadap berbagai penyakit dan mudah sakit. Jika anak mudah sakit, hal-hal lain juga akan terdampak seperti berkurangnya kegiatan harian anak, prestasi anak menurun, nafsu makan juga menurun, tidak bersemangat dan tumbuh kembangnya jadi terhambat. Terutama dalam situasi pandemik seperti sekarang ini, orangtua perlu memastikan anak memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk mencegah terinfeksi virus.

Tekan Penyebaran Virus COVID-19, Lakukan Hal Berikut

Sebagai upaya menekan penyebaran virus Covid-19, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan sebagai berikut:

  1. Menjaga jarak atau physical distancing. Seiring dengan makin banyaknya korban terjangkit COVID-19, pemerintah sekarang sudah menghimbau untuk sedapat mungkin #dirumahaja, termasuk bekerja, beribadah, dan belajar dari rumah. Jika harus keluar rumah, tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Anak juga diajarkan untuk menolak bersalaman, tidak cium tangan, atau cipika cipiki. Menurut saya orangtua juga perlu membuat batasan antara anak dengan orang lain. Artinya, orangtua juga perlu tegas “melarang” orang lain bersentuhan fisik dengan anak karena tidak semua anak bisa menghindari bersentuhan fisik dengan orang lain dan tidak semua orang dewasa paham dengan social distancing ini (atau bahkan tidak perduli). Jangan sungkan atau kuatir dicap sombong, karena ini demi kebaikan bersama.
  2. Gunakan masker di luar rumah. Lindungi diri dan anak dari droplets orang lain dengan masker. Pastikan masker yang digunakan juga masker yang sesuai. Jika ketersediaan masker medis semakin sulit didapat, kita bisa menggunakan masker kain.
  3. Rajin mencuci tangan, hindari menyentuh wajah (mata, hidung, dan mulut). Rajin mencuci tangan dengan sabun juga upaya untuk mencegah penularan virus. Jika sedang bepergian, cuci tangan dapat menggunakan handsanitiser. Selain itu, hindari juga menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, dan mulut agar virus tidak masuk ke dalam tubuh.
  4. Perhatikan etika batuk/bersin yang benar. Penularan Covid-19 adalah melalui droplets sehingga kita tidak boleh sembarangan bersin/batuk yang menyebabkan droplets terkena orang lain. Selain masker, kita dapat menggunakan tissue yang langsung dibuang di tempat sampah atau menahan bersin dengan lipatan lengan. Agar anak paham, jangan bosan untuk terus-menerus mengingatkan anak ya moms.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Menjadi tanggung jawab orangtua untuk memastikan anak mendapatkan perlindungan maksimal sehari-hari. Terlebih yang berhubungan dengan kesehatan. Dengan memastikan daya tahan tubuh anak terjaga, anak terhindar dari penyakit dan mampu belajar dan bermain sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba oleh moms:

  1. Makan makanan sehat dan bergizi. Cara termudah yang bisa kita lakukan adalah memasak sendiri makanan untuk dikonsumsi keluarga ya moms. Dengan demikian kita bisa memastikan kebersihannya, mulai dari mencuci bahan makanan dengan benar, proses memasak, kebersihan dapur dan alat-alat memasak/alat makan. Selain itu, dengan menyiapkan makanan sendiri, tentunya kita mengetahui dengan pasti gizi secara maksimal kepada anak-anak. Kalaupun moms menggunakan jasa catering atau membeli makanan secara online, pastikan bahwa penyedia makanan tersebut mengolah dan menyajikan makanannya dengan higienis.
  2. Ajak anak berolahraga. Olahraga ringan yang bisa dilakukan misalnya yoga, naik turun tangga, atau jogging di halaman rumah. Moms juga bisa menyiapkan permainan motorik kasar seperti melompat, berlari, dan lainnya sebagai alternatif untuk mengajak anak bergerak.
  3. Pastikan anak juga mendapatkan porsi istirahat yang sesuai. Dilansir dari hellosehat.com, kebutuhan tidur anak usia 1-2 tahun adalah 11-14 jam per hari, usia 3-5 tahun membutuhkan tidur 10-13 jam per hari, dan usia 6-13 tahun membutuhkan tidur selama 9-11 jam per hari.
  4. Perbanyak minum air putih. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar anak tetap terdehidrasi dengan baik.
  5. Tambahkan suplemen. Moms bisa menyediakan suplemen untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Pastikan suplemen yang moms berikan memiliki kandungan yang baik, dan terjamin aman dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan demikian, imunitas anak akan semakin kuat dan tubuh pun mampu menangkal berbagai virus yang ada.

STIMUNO, Membantu Memelihara Daya Tahan Tubuh Anak

Komposisi

Stimuno adalah imunomodulator yang membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Kandungan ekstrak meniran 100% dalam stimuno mendorong tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi yang dapat mengaktifkan sistem imun secara optimal. Stimuno dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kemasan & Varian

Kemasan dan Varian Stimuno/Sumber: www.sahabatdexa.com

Stimuno sirup dikemas dalam botol plastik (60 ml dan 100 ml) dan stick pack 5 ml. Sebagai pilihan rasa, tersedia rasa Original, Grape, dan Orange Berry. Sedangkan Stimuno kapsul  (forte) dapat dikonsumsi anak yang sudah bisa menelan kapsul dan juga orang dewasa. 

Cara Pakai

Untuk pencegahan sakit, Stimuno dapat dikonsumsi 1x sehari. Namun jika anak sudah telanjur sakit, Stimuno dapat diberikan 3x sehari guna mempercepat penyembuhan.

Konsumsi Stimuno, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh/Dokpri

Keunggulan Stimuno

1. 100% Herbal : Ekstrak Meniran

Stimuno dibuat dengan bahan 100% herbal dari ekstrak Meniran yang sudah terbukti bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Meniran, secara empiris dan klinis, berfungsi sebagai antibakteri, antiradang, antivirus, diuretik (peluruh air seni), hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah), meredakan batuk, meredakan demam, peluruh dahak, dan mampu merangsang sel imun bekerja lebih aktif. Meniran dikenal sebagai immunomodulator, yang artinya stimuno bekerja langsung di sistem imun tubuh untuk merangsang tubuh menghasilkan antibodi lebih banyak dan mengoptimalkan sistem imun tubuh.

2. Sertifikasi Fitofarmaka dari BPOM dan HALAL

Tidak seperti suplemen herbal lainnya, Stimuno telah mengantongi sertifikasi produk herbal tertinggi dari BPOM yaitu Fitofarmaka. Hal ini dikarenakan Stimuno sebagai satu-satunya produk immunomodulator telah teruji secara klinis mutu, khasiat, dan keamanan kepada manusia. Stimuno juga telah bersertifikat Halal MUI sehingga lebih tenang mengonsumsinya.

3. Produsen Terpercaya

Stimuno diproduksi oleh Dexa Medica, salah satu produsen obat herbal dengan teknologi modern. Dengan menggunakan bahan baku 100% herbal dan diproses dengan menggunakan Advance Fractionation Technology dimana ini merupakan proses untuk mendapatkan molekul yang paling aktif untuk menyembuhkan penyakit. 

4. Aman Dikonsumsi Setiap Hari

Dengan kandungan herbal yang telah teruji klinis dan tersertifikasi, tentunya Stimuno aman dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak kita. Tentunya dengan pemakaian sesuai dosis yang dianjurkan.

5. Harga Terjangkau dan Mudah Didapat

Stimuno anak dijual dengan harga yang terjangkau dan mudah didapat, seperti di apotek-apotek atau toko/supermarket. Di apotek dekat rumah saya, Stimuno kemasan 60 ml seharga Rp 27.000 dan kemasan 100 ml Rp 37.500. 

STIMUNO AMAN DIKONSUMSI JANGKA PANJANG

Varian Stimuno Rasa Original/Dokpri

Meskipun dibuat dari 100% bahan herbal, tentu masih ada pertanyaan APAKAH AMAN DIKONSUMSI JANGKA PANJANG. Dikutip dari laman nasional.tempo.co, keamanan dan efektivitas stimuno untuk penggunaan jangka panjang sudah dibuktikan melalui uji klinis penelitian “Keuntungan Klinis Phyllanthus niruri L (meniran) Sebagai Immunostimulator Pada Pasien TB Paru” oleh Munawar ML dkk. Uji klinis tersebut membuktikan bahwa Stimuno tidak memiliki efek samping secara signifikan pada penggunaan selama enam bulan. Perlu diketahui juga bahwa Stimuno tidak menggunakan campuran herbal lain yang belum teruji klinis kepada manusia.

Jika dibandingkan dengan Echinaceae, salah satu bahan yang juga diyakini meningkatkan daya tahan tubuh, Stimuno terbukti unggul. Hal ini dikarenakan, echinaceae terbatas penggunaannya maksimal hanya 8 minggu saja. Konsumsi echinaceae diatas 8 minggu dapat menyebabkan penurunan sel darah putih dan menyebabkan hepatoksisitas (keracunan di hati).

Menghadapi badai virus corona atau COVID-19 ini moms harus siap sedia membentengi anak-anak dengan perlindungan maksimal. Dengan uji klinis Stimuno aman dikonsumsi dalam jangka panjang membuat saya lebih tenang, karena bisa dikonsumsi oleh anak setidaknya beberapa bulan ke depan hingga wabah virus ini mereda tanpa takut ada efek samping yang membahayakan. Nah, kalau saya sudah percayakan Stimuno untuk memelihara daya tahan tubuh anak. Moms yang lain gimana? Yuk, share di kolom komentar 🙂

#StimunoPenjagaImun
#GakTakutSakit
#Stimuno
#MomiXStimuno

Referensi artikel dan foto:

  1. https://sahabatdexa.com/stimuno/tentang-stimuno
  2. https://www.kemkes.go.id/article/view/20031900002/Dashboard-Data-Kasus-COVID-19-di-Indonesia.html
  3. https://nasional.tempo.co/read/1324170/ahli-nyatakan-imunomodulator-aman-untuk-cegah-infeksi-virus
  4. https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/berapa-lama-seharusnya-anak-tidur/
  5. Dokumen pribadi

19 Comments

  1. anakku juga pakai stimuno mbak, buat ngeboost daya tahan tubuhnya apalagi di kondisi seperti ini 🙂 ad ayang rasa anggur juga loh

  2. Riawani elyta

    Stimuno andalanku banget ini waktu anak masih kecil2. Masa sekarang juga bagus nih diminum rutin

  3. aku uga rutin mengonsumsi stimuno baik untuk anak maupun dewasa tapi belakangan sulit ditemukan mba, sedih deh rasanya, kemarin beli sisa satu botol, dan harganya udah mahal.

  4. Kebetulan nih lg nyari suplemen buat anak yg halal. Mau cari Stimuno juga ah. Semoga di apotek dkt rumah masih jual.

  5. stimuno emang sangat ampuh kakak, ponakanku aja minum itu langsung enakan. Pokoknya ini wajib nyetok dirumahnya bukannya berharap diminum tapi namanya jaga jaga yah kak

  6. Jangan sampai sakit deh pokoknya. Jangan sampai harus ke dokter atau RS. Jadi parno aku lihat RS atau piskesmas. Takut salah diagnosa atau ketularan virus corona.

  7. Stimuno ini salah satu vitamin anakku semasa kecil , memang manjur banget dan menjadi teman untuk menjaga immun tubuh. Hhuuu produknya terpercaya banget.
    Ahh semoga anak2 selalu sehat yaa dan kita jugaaa.

  8. Arda Sitepu

    Penting banget menjaga kesehatan apalagi di tengah pandemi gini ya le. Gw juga beberapa kali kasih stimuno untuk Kinata, dia suka banget, bersyukurnya bisa dikonsumsi untuk jangka panjang. Cuma kemarin gw cari di daerah gw udah habis enggak ada yang jual lagi huhu.

  9. Aku juga kasih Stimuno ke anak-anak buat booster imun mereka. Alhamdulillah cocok. Setidaknya ini bisa jadi salah satu usaha kita untuk menjaga daya tahan tubuh anak ya moms..

    1. Akhir-akhir ini aku jadi sering menghadiahkan keponakan-keponakan suplemen makanan dan vitamin, salah satunya STIMUNO, karena udah merasakan efeknya langsung sih.

  10. awww.. anakku juga minum stimuno yg rasa jeruk berry.. wajib banget ya jaga daya tahan tubuh anak apalagi ditengah pandemi gini.. biar gak gampang sakit..

  11. Stimuno sebagai suplemen fitofarmaka memang cocok jadi andalan dalam situasi seperti ini.

  12. semoga anak – anak kita bisa tetap sehat dan semangat menjalankan hari – harinya meskipun banyak di rumah aja ya mba. Stay safe and healthy

  13. aku sama anak2 juga pakai stimuno buat daya tahan tubuh. anak2 suka bgt sama semua rasanya, karena enak jd lebih gampang buat mereka konsumsi ;))

  14. Ida

    Wah bener ya di masa pandemi ini memang tubuh butuh imun yang kuat biar ga mudah terkena virus..stimuno bisa jadi salah satu pilihan nih memperkuat daya tahan tubuh..

  15. Untuk si kecil juga harus kita perhatikan ya perlindungan tubuhnya. Stimuno nih cocok untuk menjaga imunitas anak-anak kita selama masa pandemi corona ini ya.

  16. Anak-anak memang harus kita utamakan ya Mba, mereka adalah harta yang paling berharga
    Stimuno bisa menjaga imun mereka, tapi nggak hanya untuk anak ini untuk dewasapun juga bisa
    aku juga konsumsi.

  17. semoga mbak sekeluarga tetap terjaga kesehatannya ya, makasih untuk info mengenai stimuno ini

  18. Aku jadi tambah stress gegara corona ini ditambah dirumah ada 1 bayi & 1 batita yg harus ekstra penjagaan..
    Moga2 ponakan ku mau coba minum stimuno ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *