[Free Printable] DIY Sensorial Material Montessori: Color Tablet

by | Dec 10, 2021 | Free Printable, Montessori | 6 comments

Serunya ber-Montessori kadangkala terhempas kalau teringat dengan aparatusnya yang cukup pricey. Bagus dan menarik sih kalo bisa beli ya, tapi gak sehat buat kantong apalagi kalau dipakainya hanya sebentar alias anaknya cepet lulus wkwk..

Selalu ada jalan ninja, temen-temen. Yuk kita DIY bebikinan material yuk.  Kali ini aku mau share gimana bikin color tablet sendiri dengan modal printer dan tinta warna saja 🙂

Apa sih color tablet?

Ini merupakan salah satu material sensorial untuk visual, dimana anak nanti akan mengelompokkan atau melakukan diskriminasi warna. Ini adalah presentasi dasar, jika anak sudah bisa (tentunya cepet bisa) maka temen-temen harus melakukan improvisasi dengan games dan sebagainya untuk mempertajam kemampuan anak.

Material ini bisa dikenalkan di usia mulai 2 tahun.

Cara Presentasi Color Tablet #1:

  1. Ajak anak untuk bermain, mintalah ia membawa material ke meja (berikan contoh cara membawanya)
  2. Ambil ketiga pasang warna dan letakkan di atas meja secara acak.
  3. Ambil warna merah dan tempatkan di sudut kiri atas, terpisah dari warna-warna lain.
  4. Minta anak untuk menemukan warna yang sama dan tempatkan di sampingnya
  5. Lakukan hal yang sama pada warna biru dan kuning
  6. Tawarkan anak untuk mencobanya sendiri. Jika sudah selesai minta anak merapikan dan mengembalikan ke rak dan katakan bahwa ia bisa memainkannya kembali kapanpun ia mau.

 

Cara presentasi color tablet #2:

  1. Ajak anak untuk bermain, mintalah ia membawa material ke meja (berikan contoh cara membawanya)
  2. Ambil tiga warna dan pasangannya, tempatkan secara acak di atas meja.
  3. Pilih satu warna (misalnya merah) dan tempatkan di sudut kiri atas meja.
  4. Minta anak untuk menemukan warna yang sama dan tempatkan di sampingnya. (Lakukan dengan menyusun warna dari atas ke bawah)
  5. Mintalah anak untuk memilih warna yang ia inginkan, lalu carilah pasangan warnanya.
  6. Lakukan sampai semua warna sudah berpasangan.
  7. Tawarkan anak untuk mengulanginya kembali sendiri (orangtua mengacak kembali tablet warna tersebut).
  8. Jika anak sudah selesai, katakan ia bisa memainkannya kapanpun ia mau, lalu ajak untuk merapikan dan mengembalikan ke rak. 

Selamat mencoba ya teman-teman 🙂

You May Also Like

Lima Kesalahan Memulai Montessori

Lima Kesalahan Memulai Montessori

Bagi saya pribadi, Montessori adalah pintu gerbang baru dalam pengasuhan anak. Karena bukan hanya bertujuan untuk pembelajaran akademik tetapi juga saya jadi belajar lagi sebagai orangtua baru. Saya jadi belajar menempatkan diri dan melihat dari sudut pandang anak....

Free Printable: Alphabet & Tracing Cards

Free Printable: Alphabet & Tracing Cards

Yuhuuu...ibu-ibu sekalian... Sudah bulan Agustus ya, berarti mungkin sudah 2-4 minggu berjalan kegiatan tahun ajaran baru 2021/2022. Tapi tahun ajaran mah di sekolah ya, kalo di rumah belajar bisa setiap saat sambil main-main. Nah, berhubung banyak yang DM aku di...

6 Comments

  1. ariefpokto

    Beneran Do It Yourself ya Tabletnya. Tapi beneran deh ini bikin anak belajar soal warna, kemandirian , Dan juga sekalian bersenang-senang sambil belajar. Jadi bagus bener deh DIY Tabletnya ini

    Reply
  2. Haryadi Yansyah | Omnduut

    Baru tahu bahkan ada pelajaran soal warna semacam ini. Cuma yang jadi pertanyaanku, bagaimana dengan anak yang buta warna ya? aku sendiri buta warna parsial. Dari dulu sering dibully karena suka nggak bener kalo nyebut warna hahaha.

    Reply
  3. Hida

    Wah..menarik nih, belom pernah tau tentang color tablet ini. Apa karena anak-anakku udah besar2 ya jadi gak merhatiin aktivitas kayak gini.

    Reply
    • Ulfah Aulia

      Permainan yg bagus buat melatih kemampuan sensorik anak” ya mba… Walau belum punya anak, aku mau rekomendasikan ke kakak” aku deh, bakalan cocok buat kponakan aku nih yg masih kecil…

      Reply
  4. Diah Alsa

    Yeaay, semacam sorting color gitu ya Mbak? 🙂

    Emang asyik ya kalau materialnya dibuat sendiri, bisa hemat banyak pun.
    Makasih ya Mbak free printable nya mau cobain tuk bocils juga nih 🙂

    Reply
  5. Eri Udiyawati

    Kegiatan yang bisa menyenangkan ibu dan anak nih. Selain itu, anak bisa sambil belajar warna. Saya perlu coba nanti nih, pas banget anak saya masih kecil. Main color tablet bisa jadi alternatif permainan lainnya.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Pin It on Pinterest

Share This