Blog Competition, REVIEW

Review ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner

Salah satu cara jitu untuk menghilangkan stres atau rasa bosan adalah bermain game di ponsel. Beragam permainan dapat kita unduh dari aplikasi dan mudah saja memainkannya di ponsel pribadi. Coba deh sebutkan beberapa game yang sering kamu mainkan? 🙂 Ponsel gaming dituntut memiliki performa yang mumpuni agar dapat berfungsi maksimal. Mengapa demikian? Karena biasanya game memakan kapasitas yang tidak sedikit. Jika tidak sesuai tentu akan terjadi lag. Bayangkan saat asyik bermain game, tiba-tiba ponsel yang digunakan lemot atau reboot mendadak. Seperti adik laki-laki saya yg sudah jadi gamer garis keras. Kalau ponselnya error bisa merepet melebihi orang di pasar. Bukannya hilang stres, malah jadi terpancing marah-marah, hehehe. Lain cerita kalau ponsel yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Main game tanpa hambatan, mood jadi aman. Kamu lagi mencari ponsel gaming juga? Baca artikel ini dulu sampai habis ya biar ga penasaran 🙂

TIPS MEMILIH PONSEL GAMING

Agar dapat menikmati permainan di ponsel sepuasnya, maka perlu memperhatikan beberapa hal dalam memilih ponsel untuk gaming. Tips paling dasar menurut saya kira-kira sebagai berikut:

  1. Layar

Layar untuk ponsel gaming sebaiknya yang cukup besar, tapi gak besar-besar amat. Kira-kira yang ukurannya cukup compact dipegang, gak terlalu kecil sehingga tertutup oleh jempol kita (hahaha), dan layarnya cukup besar untuk menikmati permainan secara visual. Kedua, perhatikan juga refresh rateRefresh rate itu adalah spesifikasi di layar yang mengukur seberapa sering sebuah gambar di perbaharui tiap detiknya. Layar 60 Hz mampu menghadirkan 60 gambar setiap detiknya, layar 90 Hz mampu menampilkan gambar 90 frame per detik. Semakin tinggi angka refresh rate, semakin mulus pula gambar yang ditampilkan pada layar. Untuk kebutuhan gaming, refresh rate yang disarankan minimal adalah 120 Hz. Selain itu, ada lagi yang disebut sebagai response time. Response time adalah waktu yang dibutuhkan pixel di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain. Semakin rendah response time, maka semakin cepat. Untuk kebutuhan gaming, response time terbaik adalah 1ms. Satu lagi, sebaiknya kita memilih teknologi layar smartphone Active Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED). Layar ini mampu menghasilkan warna dan kontras yang baik sehingga kita dapat menikmati grafis lebih baik. Selain itu, teknologi layar AMOLED juga lebih hemat daya sehingga kita bisa main game lebih lama.

  1. Sistem Chip

Di ponsel yang biasa kita sebut sebagai chip adalah prosessor yang disematkan didalamnya. Untuk kebutuhan gaming, sebaiknya kita memperhatikan kecepatan CPU dan banyaknya core. Karena semakin banyak core prosesor dan semakin tinggi kecepatannya, maka akan semakin bagus pula kemampuannya menjalankan suatu permainan. Biasanya makin update teknologi chip-nya tentu semakin bagus kinerjanya. 

  1. Random Access Memory atau RAM.

Pada dasarnya RAM adalah seberapa banyak data yang bisa aktif dan berjalan dalam satu waktu bersamaan. Semakin besar RAM, maka semakin besar kemampuannya. Semakin canggih teknologi RAM maka semakin cepat juga proses loading/transfer data dari storage. Minimal RAM yang disarankan adalah sebesar 3 GB. 

Cari Ponsel Gaming? Asus Phone ROG 3 dong!

Supaya ga setengah-setengah, sekalian aja saya rekomendasikan satu ponsel gaming teranyar sekarang ini. ASUS Phone ROG 3,  memiliki fitur dan kelebihan dibandingkan generasi sebelumnya. Diklaim mampu menghadirkan pengalaman gaming yang sangat mengesankan, setidaknya ada beberapa poin yang membuat ponsel ini saya rekomendasikan, sebagai berikut:

System Of Chip Paling Kuat

Digadang sebagai ponsel yang super kuat karena ROG Phone 3 sudah ditenagai oleh sistem chip terbaik yakni Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang mendukung fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Sudah pasti, prosesor ini kencang banget kecepatannya yaitu mencapai 3.1 GHz. Selain itu, ROG Phone 3 juga didukung dengan gabungan konektivitas ultra-cepat 5G dan WiFi 6. Jangan lupakan dukungan memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256GB Hal ini membuat performa ROG Phone menjadi juara dibandingkan ponsel lainnya. 

Layar Teranyar

ROG Phone 3 memiliki ukuran layar cukup besar namun tidak terlalu bulky, 6.59 inchi dengan refresh rate pada layar adalah 144Hz dan response time 1ms. Response time 1ms membuat setiap aksi ditampilkan dengan cepat di layar. Tidak hanya itu, layar ROG Phone 3 pun hadir dengan touch latency 25ms, yang lebih kencang dari generasi sebelumnya. Touch latency rendah artinya sistem mampu mengenali input sentuhan dengan lebih cepat dan tentunya akan berpengaruh pada kinerja game. Layar yang digunakan juga didukung teknologi 10-bit display dan HDR10+ serta Delta E<1 sehingga dapat menampilkan konten secara detail dengan warna yang akurat. Dengan tingkat visual yang setajam dan senyata itu, akan mungkin sekali membuat mata cepat lelah. Beruntungnya, ROG Phone 3 sudah memiliki sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced. Mata aman ya kan? 

Monster 6.000 mAH Battery

ROG Phone 3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas super besar yaitu 6.000 mAh. Dengan dukungan baterai sebesar ini, main game bisa dilakukan sepanjang hari. Kalaupun baterai habis, tidak perlu kuatir lama nge-charge karena ada teknologi ROG 30W Hyperchanging. Terdapat beberapa mode baterai khusus dan fungsi hibernasi eksklusif – yang secara signifikan memperpanjang waktu antara pengisian daya dan juga meningkatkan masa pakai baterai.

Sistem Pendingin Gamecool 3

Sering kan kelamaan main game, ponsel jadi cepat panas? Beruntungnya, ROG Phone 3 telah dilengkapi dengan sistem pendingin GameCool 3 lengkap dengan 3D Vapor Chamber. Heatsink pada GameCool 3 lebih besar dari generasi sebelumnya. Singkatnya, heatsink ini berfungsi untuk menghantarkan panas pada ROG Phone 3  dan melepaskannya di ventilasi udara sehingga ponsel dapat terus dimainkan dalam waktu yang lama Untuk performa pendinginan yang lebih baik, ASUS juga menyediakan pendingin aktif, yaitu AeroActive Cooler 3 untuk ROG Phone 3 untuk aliran udara dan pendinginan yang lebih baik di. Bye tangan geremet-geremet karena ponsel panas!

ROG Hyperfusion Technology

Sebagaimana sudah disebutkan di atas, ROG 3 Phone dilengkapi dengan konektivitas seluler terbaru dan WiFi 6, ROG Phone 3 hadir dengan fitur terbaru bernama ROG HyperFusion Technology. Fitur tersebut memungkinkan gamer untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game ataupun menikmati konten digital lainnya.

Tiga Kamera Jawara

Tentu bagian ini tak boleh terlewatkan, kamera! ROG Phone 3 mempunyai sistem triple camera yang mampu menghasilkan foto tinggi. Yang pertama ada fitur kamera sudut lebar (wide angle) utama Sony® IMX686 64 MP. Kemudian ada ultrawide angle 13 MP, dan kamera makro. Fitur software yang ditingkatkan adalah Pro Video Mode serta Free Zoom, Wind Filter dan fungsi Acoustic Focus untuk membuat kualitas video Anda menakjubkan. Tidak ketinggalan kamera depan 24 MP untuk selfie grup dan video streaming langsung yang berkualitas tinggi.

BUILT FOR GAMERS

ROG Phone mengoptimalisasi mode landscape dengan serius. ROG Phone 3 ini memiliki desain ergonomis dan dirancang agar tetap nyaman digunakan saat bermain game pada mode landscape dalam waktu lama. Aspek pendukung dalam bermain juga sangat diperhatikan, seperti side charging design sehingga kamu bisa bermain dengan nyaman ketika men-charge smartphone, Air Trigger 3 Technology, membuat ROG Phone 3 selayaknya konsol game dengan joystick, Dual Front Speaker, Multi Antena Wi-Fi dan Quad mic noise canceling array.

THE MOST IMMERSIVE GAMING EXPERIENCE

Menurut Oxford Dictionary, immersive (kata sifat) adalah suatu keadaan permainan, penampilan, atau kegiatan seni yang mengelilingi pemain/penonton sepenuhnya sehingga mereka mengalami keterlibatan total, seringkali dengan menggunakan gambaran 3 dimensi komputer. Pengalaman seperti itu tentu bisa didapatkan dengan menggunakan ROG Phone 3 apalagi dengan support ROG Kunai 3 Gamepad, ROG TwinView Dock 3, ROG AeroActive Cooling 3. Lengkapnya aksesoris ini membuat ROG Phone 3 layak disebut ponsel yang “Paling Gaming dan Unik”

HARGA & TEMPAT MEMBELI

ROG Phone 3 tersedia dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan

128 GB & RAM 8 GB seharga Rp 9.999.000

256 GB & RAM 12 GB seharga 14.999.000

Pembelian dapat dilakukan langsung di toko resmi atau secara daring sebagai berikut:

Spesifikasi ROG Phone 3

Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340×1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2×1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2×2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4×4 MIMO and CA with 4×4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

41 Comments

  1. Biasanya anak2 nih yg suka marn game. Kalau org tua kayak saya, udh gak suka lagi. Paling marn candy crush hehehe

  2. ASUS ROG ini beneran top of mind banget kalo udah bicara seputar ponsel gaming ya Mbak.
    Spesifikasinya emang juaraaa banget!
    Beberapa gamers yg aku kenal juga loyal dgn brand ini

    1. salah satu handphone idaman saya nih, soalnya saya sering main game di hape hehee 🙂 semoga suatu hari nanti bisa kebeli ya

  3. Lumayan banget ya harganya. Anak saya pengen banget punya ASUS ROG. Dia lagi seneng-senengnya main game online. Ya semoga aja ada rezekinya. Aamiin

  4. Asus ini memang selalu keren kalo untuk gadget, aku pun laptopnya pakai asus

    1. Iya produk2 ASUS bagus mbak 🙂

  5. Husnul

    Karena game saya cuma wildscape aja, saya belu butuh hape mahal dan keren ini haha.. Ketahuan sih powerfull banget, sesuai sama fitur yang ada. Gamer mesti ngiler ini 😀

  6. Azifah

    Wew harganya udh ngalahin laptop yak tapi pasti bakal worth banget buat para gamer

  7. Wow sudah era 5G ya pastinya kenceng banget dong pas main game online, fitur dan kapasitasnya juga keren2 banget wothed lah sama harganya 🙂

    1. Iya mbak , kenceng wush wushh

  8. wah asus punya produk terbaru. Luar biasa banget deh. auto nabung deh aku . Speknya juga makin oke. Makin mengerti kebutuhan kita semua

    1. Yuk nabung yuk, buat bikin konten juga ga kalah mantul

  9. Wah ini harganya sesuai ama kualitasnya. Keren banget emang handphonenya. Dan berharap suatu saat bisa deh miliki . Andalan juga buat beraktifitas

  10. Huaa mupeng banget sama ponsel gaming ini baterainya boooo 6000 mAH pasti awet banget yes dan cocok buat yang hobi main game.

    1. Bisa dipake ga berenti2 mbak, abis main game lanjut nonton drakor wakakakka

  11. Wah memang untuk gaming spesifikasinya bikin ngiler banget ya… Anak2 di rumah ga tau tuh mungkin sudah merasa cocok ya kalau milih hp pengennya ASUS deh…hehe…

  12. Merasakan sensasi main games dengan ASUS ROG phone 3 ini…pasti menyenangkan yaa..
    Grafisnya oke dan speknya mumpuni bangettt…

    1. Bener mbak, buat bikin konten juga mantul banget 🙂

  13. Harganya bikin mata melotot ya tapi sesuai dengan spesifikasinya. Buat para gamer, tentu sangat bermanfaat nih.

    1. Aku juga melotot mbak hahaha pengennnnn

  14. waaa harganya seharga laptop ya iniii, adiku pasti seneng banget nih, mau nabung ah buat kasih kado ini buat adiku pasulang tahun nanti hihihi

  15. Dapat lagi nih rekomendasi ponsel gaming yang ok. Bolehlah nanti saya kasih tahu ke suami soalnya doi hobi banget main game dan hpnya yang sekarang performanya udah menurun.

  16. Keren banget ini Mak handphone Sultan kali aja tahun depan bisa punya yang beginian buat game…

  17. Gils speknya luar biasa yaa mbak, daku pun ngiler banget ini pengen punya. Tapi harus eman-eman nabung kalau mau beli ini mah.

  18. Wow harga memang lumayan banget. Tapi buat yang hobi game, performa gadget yang digunakan sangat mempengaruhi. Ada rupa ada harga.

  19. Keponakanku yang gamer mendamba bisa punya ROG Phone 3 ini. Gyroscopenya sensitif banget katanya. Jadi hape digerakin dikit aja dia udah langsung fokus, ga perlu jari-jarinya kemana-mana gitu.

  20. cocok banget niy buat saudaraku yang hobbynya banget main game, keliatan tangguh banget ya produknya juga secara fisik, memang cocok banget buat gaming kayak gitu kayaknya

  21. Wah kalau handphone sudah klaimnya kuat buat nge-game pastinyaaaaa bagus!! RAM-nya juga mantap ya jadi ngiler akutuuuu

  22. Woooohhhh… ini tuh keren banget loh handphonenya, apalagi punya spesifikasi khusus untuk para gamers. Dulu padahal ya suka mikir deh, ada gak sih handphone yang khusus games eh sekarang sudah ada.

  23. Handphone idama banget ini ya Mba. Aku suka apalagi suamiku suka ngegame. Ngiler juga ama spesifikasi dan modelnya.

  24. Mantul banget speknya. Mupeng sih.. Tapi kalau aku yang pake sayang aja gitu mbak soalnya jarang main game. Paling mainnya candy crush doang. Hahaha.

  25. No more ngehang ya mbak hehe pas banget ini buat suami yang hobinya ngegame

  26. wih keren banget ini yaa, sekrang sudah ada ponsel gaming yang oke banget. pasti pemain game jadi makin puas dengan diluncurkannya hape gaming ini.

  27. Memang yaa ASUS selalu ngeluarin produk yang keren banget, pas baca spesifikasi ASUS Phone ROG 3 ini aja udah speechless Kayaknya smartphone ini pasti jadi inceran para gamers nih

  28. Mba, ini kan hp gamers ya, apakah bodynya juga tahan banting? mengingat kalo main games suka gemes bawaannya kalo kalah mau banting aja hahaha.

    1. kalo pake Asus ROG Phone 3 jamin menang, Mbak hahaha specnya blm ada saingan hahaha

  29. specnyanya kece abis nih buat main PUBG atau Mobile Legens bs lancar jaya ya. kameranya pun jg udah mumpuni banget kalau dibuat mejeng2. baterai jg gede banget nih , penjelasannya mantap abis

  30. Wow, HP seharga motor baru ya, Mbak. Kayak gimana tuh kalau sudah pegang dan menikmati kecanggihannya. Bagi yang punya anak-anak dengan cita-cita sebagai gamer bisa nih melirik HP yang satu ini.

  31. Asus rogphone 3 ini sungguh menggoda iman yaa mb, ga hanya bagi para gamers, saya pun liat dan baca speknya naksir banget. Penasaran juga pengen pegang hp ini.

  32. mahal banget ya haha tapi kalo emang bagus buat game sih oke aja. semua gadget yang fungsinya buat game pasti mahal memang

  33. Pas banget nih bisa jadi referensi aku, kebetulan lg cari hape buat game juga hehe. Harganya lumayan ya, tapi kalo spek oke sih worth it aja menurutku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *