Review Debellin Premium Cookware, Hidup Sehat dengan Alat Masak Tepat

by | Dec 30, 2020 | Health, Review | 67 comments

Berbicara mengenai kesehatan, saya teringat buku Filosofi Teras yang ditulis oleh Henry Manampiring. Buku tersebut bicara mengenai filosofi Stoa, yang didalam salah satu bab-nya membahas tentang prinsip “trikotomi kendali”. Di dalam filosofi Stoa, terdapat hal-hal didalam hidup yang bisa kita kendalikan, ada yang tidak, dan ada yang berada diantara keduanya. Secara singkat, apa yang bisa kita kendalikan adalah pertimbangan pribadi, pendapat pribadi, keinginan pribadi, tujuan, dan tindakan pribadi. Sedangkan pikiran & tindakan orang lain, opini orang lain, kondisi saat lahir (jenis kelamin, orangtua, dll) tidak berada di bawah kendali kita. Lalu kategori terakhir, hal-hal yang menjadi irisan keduanya seperti : kekayaan, ketenaran, kesehatan, sebagian merupakan hasil usaha kita (di bawah kendali) namun sewaktu-waktu kita bisa kehilangan hal tersebut (di luar kendali).

Eitss, kok kesehatan termasuk di tengah-tengah?

Mungkin dengan membayangkan sebuah skenario menjadi lebih mudah. Bayangkan seseorang yang hidup sehat. Ia menjaga asupan makanan, berolahraga, tidak merokok dan minum minuman keras, namun suatu ketika dia didiagnosis menderita kanker yang bisa jadi adanya faktor keturunan. Atau, pulang dari dinas kantor luar kota, ternyata menjadi suspek positif covid-19 padahal sudah patuh prosedur kesehatan. Atau, ibu hamil yang selalu tinggal di rumah demi menjaga kehamilannya, ternyata terkonfirmasi positif karena menerima tamu yang juga positif.

Karena tidak berada di bawah kendali kita, maka kesehatan bisa sewaktu-waktu direnggut oleh nasib dari kita. Lantas bagaimana? Yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan usaha atas hal-hal yang bisa kita kendalikan di bawah kuasa kita. Berikhitar.

Dalam tulisan ini, saya akan berbagi sedikit mengenai ikhitiar menjaga kesehatan yang dilakukan. Saya juga akan mereview alat masak untuk menunjang hidup sehat yang lebih baik, yaitu dari Debellin Premium Cookware. Untuk lebih lengkapnya, baca tulisan ini sampai selesai ya 🙂

Ikhtiar Menjaga Kesehatan

Hidup sehat adalah doa dan harapan hampir semua orang, apalagi di masa pandemi ini. Daya tahan tubuh yang baik menjadi perisai yang mampu melindungi kita dari covid-19 yang penyebarannya semakin luas saja. Dilansir dari covid19.go.id per tanggal 27 Desember 2020, pasien yang terkonfirmasi positif bertambah sebanyak 6528 kasus, sehingga total keseluruhan sejak kasus pertama adalah 713.365 kasus. Tetapi harapan sembuh juga ada, di tanggal yang sama penambahan pasien sembuh adalah sebesar 81,8 % atau sebanyak 583.676.

Menjaga kesehatan menjadi goal kami sekeluarga. Lebih baik mengesampingkan kesenangan keluar untuk sementara waktu daripada beresiko terpapar virus. Kalaupun harus berjumpa dengan orang, wajib mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) sesuai protokol kesehatan. Selama di rumah saja, bukan berarti hanya duduk atau tidur-tiduran. Gerakan fisik yang cukup diperlukan oleh tubuh agar tetap bugar. Paling mudah yaitu dengan membawa anak-anak ke halaman rumah sambil bermain. Kesempatan itu saya gunakan untuk melakukan gerakan strecthing sederhana. Kalau ada waktu ekstra, saya menyempatkan diri untuk olahraga ringan dipandu youtube. Gak ada alasan untuk malas bergerak. Selain itu juga disarankan untuk mengurangi konsumsi gula dan tentunya makan makanan yang sehat agar imun tubuh tetap kuat.


Foto: kemenkes.go.id

Makanan bernutrisi menunjang kesehatan diri

Kesehatan juga didukung dengan asupan makanan yang baik dan bergizi tinggi, sehingga kita bisa beraktifitas dengan baik. Yang lebih penting, makanan bernutrisi bisa membantu memperkuat imun tubuh agar tidak mudah terkena virus. Sebagai ibu, saya mengusahakan untuk dapat menyediakan makanan yang sehat dari dapur kami sendiri. Mengapa? Karena saya tahu persis bahan-bahan makanan yang saya gunakan masih segar dan utuh, saya mencuci sendiri sehingga yakin akan kebersihannya, saya mengolahnya sendiri dengan bumbu-bumbu yang lebih “premium” yang tentunya lebih sehat dengan takaran yang tidak berlebihan.

Memasak sendiri juga memungkinkan saya bisa menyediakan makanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Misalnya, untuk saya yang sedang mencoba diet, saya bisa masak makanan dengan sedikit minyak. Untuk suami yang lebih suka masakan berbumbu padat dan penuh rempah, saya bisa buatkan dengan bahan-bahan bumbu yang lebih sehat tanpa micin. Untuk anak-anak, terutama bayi saya yang usianya 10 bulan, saya bisa memasak makanan yang lebih sehat dan menyiapkan mpasi yang sesuai dengan kebutuhan anak. 

Jadilah keseharian saya memasak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, karena saya percaya hidup sehat dan berkualitas dimulai dari dapur sendiri. Dan yang tidak kalah penting adalah, kita bisa menggunakan alat masak yang lebih “sehat” dibandingkan jika kita membeli makanan di luar/ berlangganan katering. 

Memasak Sehat dengan Alat Masak Tepat

Menurut saya, akan sangat disayangkan jika kita bisa menghadirkan bahan-bahan makanan yang sehat namun tidak didukung dengan alat masak yang tepat. Tepat disini artinya alat masak yang digunakan juga menunjang proses pemasakan makanan dengan baik sehingga nutrisi tetap terjaga dan tidak terkontaminasi dengan racun yang berasal dari alat masak. 

Bisa jadi setiap ibu memiliki preferensi alat masak yang sehat dan tepat itu seperti apa. Diantara banyak kriteria alat masak yang baik yang berseliweran, saya rangkum sebagai berikut:

Food grade material. Memastikan bahwa alat masak yang digunakan sudah food grade artinya material tersebut aman untuk digunakan dalam memasak dan jika terkena panas tinggi tidak mengeluarkan zat yang mengontaminasi makanan.

Penghantar panas yang baik. Masakan tentunya harus matang merata agar dapat dinikmati dengan baik. Untuk itu dibutuhkan alat masak yang dapat menghantarkan panas merata di seluruh bagian inner panci atau wajan. Menggunakan wajan yang dapat menghantar panas merata juga membuat waktu memasak menjadi lebih efisien. Perhatikan juga faktor keamanan dalam memasak, seperti menggunakan alat masak yang bagian gagang / handle yang tidak menghantarkan panas.

Pemakaian dan perawatan yang tepat. Alat masak yang kita gunakan bisa jadi bermacam-macam materialnya. Untuk itu pemakaian dan perawatan dengan cara yang tepat dapat membuat alat masak kita aman digunakan utk memasak dan tentunya lebih tahan lama. Misalnya dengan membersihkan dengan spons lembut atau dengan sikat, pemakaian menggunakan sutil kayu/silikon, sebelum digunakan apakah perlu di-seasoning dulu atau tidak. Masing-masing bahan material mungkin mempunyai cara pemakaian dan perawatan yang berbeda-beda.

Kebutuhan peralatan masak anti lengket. Sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari memasak beragam menu, penggunaan wajan anti lengket sangat penting. Masakan jadi lebih mudah dikendalikan di wajan, membersihkannya juga mudah, dan lebih hemat waktu. Tahu dong apa itu? Yap, teflon. Tapi, jujur….ada hal yang menjadi pertimbangan besar jika memilih alat masak berlapis teflon.

Ada Apa Dengan Teflon?

Teflon bukanlah jenis panci, melainkan lapisan pada panci/wajan yang merupakan bahan kimia terdiri dari atom karbon dan fluor. Hasilnya, alat masak dengan lapisan teflon mempunyai permukaan anti lengket dan hampir tidak ada gesekan. Dengan demikian, peralatan masak juga lebih mudah digunakan, dapat menggunakan sedikit minyak/mentega dan mudah dibersihkan. Namun, peralatan masak dengan teflon juga memiliki kekurangan. Dilansir dari goodhousekeeping.com, perfluorooctanoic acid (PFOA) yang digunakan untuk memproduksi lapisan fluoropolymers pada wajan/panci anti lengket bisa rusak pada pemanasan di suhu di atas 300 derajat Celcius. Akibatnya, lapisan rusak tersebut melepaskan bahan kimia beracun ke udara. Jika menghirup asap ini maka dapat menyebabkan demam asap polimer, atau dikenal dengan sebutan flu teflon. Resiko lain yang bisa timbul adalah bercampurnya racun dari bahan kimia ke dalam makanan yang sedang dimasak, jika lapisan tersebut tergores. Racun yang timbul dapat memicu tumor dan bersifat karsinogenik. Mau sehat tapi jadi gak sehat 🙁

Pilihan Lebih Tepat:
Debellin Premium Cookware


Foto: Instagram Debellin

Diantara banyak pilihan alat memasak, saya sudah lama mengidamkan untuk memiliki panci sehat Debellin Premium Cookware. Debellin ini adalah produk lokal dengan kualitas internasional. Membaca beragam testimoni di marketplace, ditambah lagi setelah follow IG nya membuat saya semakin kepingin punya alat masak dari merk ini. Kalau dilihat sekilas, harganya bisa dibilang cukup pricey. Tapi, hey, lihatlah alat masak ini sebagai bentuk investasi kesehatan. Dengan penggunaan dan perawatan yang benar, alat masak Debellin bisa awet bertahun-tahun, yang membuat harga belinya jadi murah. 

Keunggulan Debellin Premium Cookware

Seperti namanya, Debellin Premium Cookware, menawarkan keunggulan-keunggulan yang pantas membuatnya selalu masuk wishlist untuk dimiliki para ibu.  Berikut ini adalah keunggulan yang dimaksud:

Menyimpan panas lebih lama. Teknologi granite coating Greblon menyimpan panas lebih lama dibanding panci yang lain, sehingga kehangatan makanan terjaga hingga 1 jam dalam keadaan tertutup. Dalam pemakaiannya juga cukup menggunakan api sedang saja bisa menghasilkan suhu tinggi pada panci lain. Tentunya ini berdampak positif juga pada penggunaan gas/listrik menjadi lebih hemat 🙂

Ringan. Produk Debellin berbahan dasar die cast alumunium, sehingga lebih ringan dibandingkan panci lainnya. Memasak pun tidak lagi melelahkan.

Dapat memasak dengan sedikit atau tanpa minyak. Dengan teknologi granite Coating Greblon, kita dapat memasak tanpa minyak tanpa kuatir menempel di permukaannya. Atau, kalau mau masak dengan sedikit minyak pun bisa. Olahan masakan pun jadi lebih sehat.

Bebas PFOA. Produk-produk Debellin Premium Cookware bebas dari PFOA yang sesuai dengan peraturan dari USEPA (US Environment Protectional Agency), yang menyatakan pelarangan penggunaan bahan yang mengandung PFOA serta berbahaya untuk produk-produk makanan. Dengan demikian, alat masak bebas dari resiko paparan zat berbahaya dan pemicu kanker. 

Praktis memasak beberapa menu. Bagian paling ribet itu mencuci panci / wajan, apalagi kalau ada drama lengket di permukaannya. Untuk panci tertentu, kadang mesti direndam dulu dengan air beberapa lama baru dicuci dan bisa digunakan memasak menu lain. Tentunya efisiensi waktu jadi berkurang. Debellin beda. Sangat mudah dibersihkan, bahkan hanya dengan menggunakan lap dapur. Selanjutnya bisa langsung digunakan untuk memasak menu berikutnya. 

Desain instagrammable. Nilai plus dari Debellin adalah memberikan nilai estetika yang tinggi. Meskipun judulnya panci, tapi bisa tetap cantik difoto dan masuk instagram.

Dapat digunakan untuk beragam cara memasak. Produk Debellin bisa digunakan untuk deep fried, menumis, mengukus, dan dapat berfungsi slow cooking. Saat menumis dan mengukus, dapat hemat waktu 30% dan tetap mempertahankan gizi makanan tanpa membuatnya cepat kering. Fungsi slow cooking bekerja karena adanya celah yang kecil diantara panci dan tutup kaca membuat uap panas keluar secara perlahan. Pada bahan makanan daging, fungsi slow cooking ini bisa mengempukkan daging dengan hasil yang sama lezatnya dengan alat presto.

Desain tutup kaca. Terdapat celah yang cukup diantara tutup kaca dan panci pada produk Debellin. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pengempukkan daging. Tutup kaca panci ini mempunyai kekuatan 5x lebih kuat dari tutup panci biasa.

Tiga Lubang pada tutup. Memasak dengan tutup sering kali membuat masakan tumpah-tumpah saat mendidih. Ini peer baru lagi saat lagi repot memasak, ada tumpahan yang mesti diurus.  Ternyata, Debellin sudah memperhitungkan hal tersebut, sehingga membuat 3 lubang pada tutup wajan. Tujuannya tentu saja jadi mempermudah kita memasak, karena bisa mengurangi resiko  tumpahan, mengurangi luapan pendidihan, pengaturan panas, dan membuat hasil masakan lebih baik. 

Konduktor Universal. Artinya, produk Debellin bisa digunakan pada semua jenis pemanas. Kalau lagi masak tiba-tiba mati listrik, gak perlu pusing tinggal pindah ke kompor gas, begitu juga sebaliknya 🙂 kecuali untuk Black Mini Series hanya bisa digunakan di kompor gas.

4

Previous
Next

Debellin Premium Cookware juga menyediakan beberapa seri yang menggoda banget untuk dimiliki yaitu Absolute Series, Granite Series, dan Black Mini series. Masing-masing series ini pun variannya lengkap mulai dari fry pan, casserole, sauce pan, stock pot. Oh ya, Debellin juga melengkapi peralatan masaknya dengan aksesoris dapur seperti pisau dapur dan sutil memasak. Lengkap kan? Kebetulan, saya punya produk Debellin yang Black Mini Casserole yang akan saya review berikut ini 🙂

Review Black Mini Casserole


Foto: pribadi

Black mini casserole ini datang dengan kemasan bubble wrap berlapis-lapis, sehingga kesan yang saya dapat adalah packing-nya rapi dan aman. Panci ini berukuran diameter 14 cm, handle kayu dan tutup kaca. Tidak hanya itu, panci ini juga dilengkapi user manual, sehingga kita pengguna lebih mengenal isi produk dan tahu bagaimana melakukan perawatannya.

Ukurannya kecil sangat cocok saya gunakan untuk memasak mpasi anak saya yang masih berusia 10 bulan. Karena saya masak setiap hari, ukuran panci ini cukup untuk makan 3x dalam sehari. 

Panci ini sangat ringan, bahkan sampai dikira mainan oleh anak saya, hehehe. Jadi, sesuai klaim ya, bahan dasarnya die cast alumunium sehingga lebih ringan dari panci lain. Saat digunakan untuk memasak, saya mencobakan tanpa minyak dan dengan sedikit minyak. Hasilnya, voila, no lengket-lengket club! Selain itu juga mudah dibersihkan. Jika memasak beberapa menu, bisa dibersihkan dengan hanya menggunakan tissue dapur

Panasnya beneran tahan lama? Bener! Saya cukup sering masak beberapa menu mpasi bersantan, dan karena saya juga agak malas memindahkannya ke wadah lain, jadilah panci ini sekaligus saya hidangkan di meja makan. Dan gak masalah karena produk ini tetap cantik di foto dan sangat instagrammable.  Setelah diangkat  dari kompor, panci masih menyimpan panas sampai sekitar 45-60 menit. Untuk memanaskan makanannya lagi juga mudah kan, tinggal pindahkan ke kompor. Oh ya, saya juga hanya menggunakan api kecil saat memasak (bahkan apinya ga menyentuh pantat panci). 

Panci ini juga berfungsi seperti slow cooker. Jika memasak mpasi daging atau ayam menjadi lebih cepat dari biasanya. Mungkin karena didukung juga oleh tutup panci dan lubang yang terdapat disitu sehingga daging/ayam cepat empuk. Tapi sebagai catatan, di black mini casserole ini hanya ada 1 lubang pada tutup pancinya. Ya, mungkin disesuaikan jumlah lubang dengan ukuran pancinya kali ya.

Cara Pemakaian

Agar alat masak tahan lama dan tetap berfungsi baik, maka kita harus melakukan perawatan saat pertama kali menggunakan dan perawatan sesudah pemakaian. Pemakaian juga dianjurkan menggunakan sendok kayu atau spatula silikon guna mencegah goresan terjadi. Berikut tipsnya:

Sebelum digunakan pertama kali. Produk Debellin perlu diseasoning terlebih dulu sebelum digunakan. Pertama, masak air di dalam panci hingga mendidih lalu buang. Kedua, lumuri dengan sedikit minyak dan diamkan selama 30 menit. Ketiga, cuci dengan menggunakan spons lembut dan sedikit sabun lalu bilas hingga bersih.

Saat pemakaian. Saat memasak cukup gunakan api kecil atau sedang saja. Selain itu, jangan memanaskan panci tanpa makanan dalam waktu yang lama. Hindari panas yang terlalu tinggi diatas 250 derajat Celcius. Jika tidak sengaja gosong saat memasak, lakukan ini : Panaskan air dalam panci hingga mendidih sehingga nanti mudah dibersihkan.

Setelah pemakaian. Setiap selesai memasak, saya bersihkan dengan tissue dapur terlebih dahulu, baru kemudian memasak menu selanjutnya. Jika sudah tuntas, jangan dicuci dalam keadaan panas. Tunggu dulu hingga dingin baru dicuci dengan spons lembut dan sabun, lalu dikeringkan. Jangan menggosok dengan spons kasar. Kalau ada kotor di plat induksi, bisa dibersihkan dengan menggunakan oven cleaner.

Resep Masakan MPASI

Nila Gulai Putih

 

Bahan-bahan:

Ikan nila 1 ekor, bersihkan dan potong-potong

bawang putih, bawang merah @ 1 siung, cincang halus

Himayala Sea Salt 

Santan 100 ml

Daun salam 3 lembar

Lengkuas 1 ruas jari

Tomat kecil/tomat ceri

Cara memasak:

1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi

2. Masukkan ikan dan tambahkan air secukupnya

3. Masukkan daun salam dan lengkuas, tambahkan garam

4. Saat mendidih, masukkan santan dan tomat. Aduk rata

5. Masak sebentar saja, cicipi rasa. 

6. Sajikan dengan doa dan penuh cinta 

Kesimpulan

Ikhtiar yang bisa dilakukan ibu rumah tangga menjaga kesehatan keluarga adalah menyediakan makanan kaya nutrisi dan penuh cinta untuk semua anggota keluarga.  Ditambah dengan alat masak yang mumpuni akan semakin baik tentunya. Karena alat masak ini ibarat peralatan perang ibu rumah tangga. Dengan peralatan masak yang tepat, makanan yang disajikan bisa lebih sehat. Harga mahal atau murah tentu relatif. Tapi jika melihat peralatan masak sebagai investasi -yang bisa tahan bertahun-tahun- mengapa ragu untuk punya Debellin? 

#PakaiDebellinAja

Salam sehat selalu!

You May Also Like

Review ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner

Review ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner

Salah satu cara jitu untuk menghilangkan stres atau rasa bosan adalah bermain game di ponsel. Beragam permainan dapat kita unduh dari aplikasi dan mudah saja memainkannya di ponsel pribadi. Coba deh sebutkan beberapa game yang sering kamu mainkan? 🙂 Ponsel...

Review Mud Mask Jafra

Review Mud Mask Jafra

Halo ibu-ibu ceria sekalian 🙂 Jadi ibu harus ceria dong ya, kan supaya semangat menghadapi hari ini, hehehe. Kali ini saya mau share hal yang berbau perawatan wajah. Buat saya, merawat wajah tetap harus dilakukan ditengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga. Alasan...

Review Buku  Membacakan Nyaring

Review Buku Membacakan Nyaring

  Judul : Membacakan Nyaring Penulis: Roosie Setiawan Ilustrator : Kartika Paramita Penerbit: Penerbit Noura Digitalisasi : Elliza Titin Bahasa: Indonesia E-ISBN: 978-602-385-398-4 Buku ini dibaca gratis melalui iPusnas   Tentang Buku Ini Membaca nyaring...

67 Comments

  1. Okti Li

    Betul. Saya mendapatkan ilmu seperti ini ketika saya by kerja di luar negeri. Majikan saya sangat ketat selalu ngecek alat masak. Karena menurutnya selain kandungan nutrisi makanan, alat makan alat masak juga wajib higienis dan sehat

    Reply
    • Helena Magdalena

      sepakat mba, emang kalo alat masak wajib sehat juga biar maksimal nutrisinya

      Reply
  2. Reyne Raea

    Namanya unik Mba, sekilas kirain Nyebelin hahaha.
    Tapi terlihat premium banget ya, dan setuju banget, kadang hal yang paling mendasar dans ering diabaikan adalah masalah kesehatan yang muncul karena kesalahan memilih alat masak kita.

    Udahlah makanannya sehat, tapi jadi nggak sehat karena alat masaknya.
    Memilih alat masak sehat kayak Debellin ini, adalah pilihan bijak para ibu 🙂

    Reply
    • Helena Magdalena

      ahahahaha sekilas kebacanya nyebelin 😀 setauku Debellin ini diambil dari nama ownernya deh

      Reply
  3. Kiky

    Wah ini bahannya kayak yang sering aku lihat di vlog-vlog orang yang tinggal di LN. Mudah2an entar aku bisa segera punya juga. Bener banget sebagai ikhtiar hidup sehat. Filosofi stoanya keren dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan dunia nyata yaa. Artikelnya menginspirasi banget mba. Keep on writing yaaa ♡

    Reply
    • Helena Magdalena

      Awww thanks mba Kiki buat motivasinya..semangat hidup sehat jugaa 🙂

      Reply
  4. Azifahaa

    Mirip stein yaaa kayaknya.. Yg jelas emang betul banget aku stuju alat masak itu investasi kesehatan.. Skrg bener bener ngejahuin yg namanya teflon kalau akuu sih

    Reply
    • Helena Magdalena

      hahaha iya kayaknya agak mirip..aku belum pernah pake merk itu sih tapi.. mbak pake ya?

      Reply
  5. nchie hanie

    Ahhh, aku mupeng banget sama Debellin ini, kelihatan elegantnya yaa.
    Barusan udah cek2 di IGnya, ahh lucuk2, menggoda banget atulaah.

    Iyes bener banget, jadi inget mamaku dulu selalu ngomong kalo mau sehat, selain nutrisi, alat2 masak juga berpengaruh.

    Reply
    • Helena Magdalena

      habis cek cek ig jadi pengen beli yang mana mbaaa hahahaha

      Reply
    • Mechta

      Oya nih..selain manfaatnya bagus, penampilannya pun cantik ya.. BTW, suka deh dengan foto2 produknya.. good job mba…

      Reply
  6. Winda

    betul mba, alat masak menentukan kualitas makanan juga 🙂 sayang kan kalau gizinya terbuang percuma karena penggunaan alat masak yang salah

    Reply
      • winda - dajourneys.com

        btw debellin ini kalau satu set lumayan ya mbak, tapi kalau satu set kan lucu gitu liatnya nangkring di lemari tuh hahaaa

        Reply
        • Helena Magdalena

          iyaaa mau beli 1 set nabung duluuu jadinya mbaakk hahahaha

          Reply
  7. Diah Alsa

    kirain tadi dibeliin Mbak, ternyata namanya Debellin ya.
    ini bahannya ringan gitu ya? waahh jadi penasaran nih, padahal kalau dilihat kayak berat ya.
    cookwarenya cantik banget ya, jadi makin semangat masak-masak dong ya sejak pakai produk ini 🙂

    Reply
    • Helena Magdalena

      Aku mauuu juga dibeliinnn mba hahahaha..iya kaget sih pas pegang pertama udah ancer2 mau pegang agak berat ternyata ringan

      Reply
  8. nurulrahma

    Mbaaaa, aku shocked baca ini: perfluorooctanoic acid (PFOA) yang digunakan untuk memproduksi lapisan fluoropolymers pada wajan/panci anti lengket bisa rusak pada pemanasan di suhu di atas 300 derajat Celcius. Akibatnya, lapisan rusak tersebut melepaskan bahan kimia beracun ke udara. Jika menghirup asap ini maka dapat menyebabkan demam asap polimer, atau dikenal dengan sebutan flu teflon. Resiko lain yang bisa timbul adalah bercampurnya racun dari bahan kimia ke dalam makanan yang sedang dimasak, jika lapisan tersebut tergores

    Di dapurku, wajan2 mayoritas teflon huftttt
    kayaknya daku mau ganti Debellin yg lebih sehat ahhh

    Reply
    • Helena Magdalena

      Sembari nabung beli cookware debellin, pastiin make teflonnya jangan sampe kosong ga ada isi kelamaan mbak, trs jangan ampe baret…moga2 cepet bisa beli cookware sehatnya yaaa

      Reply
  9. Mechta

    Aiih..cakep deh pancinya.. Saya mupeng yg granite set itu deh.. Hmm, mau ceki2 dulu ah.. Thx infonya mba..

    Reply
    • Helena Magdalena

      Sama-sama mba, monggo langsung meluncur ke ig/web nya

      Reply
  10. Shyntako

    bagus yaa memang cookware debellin ini, looksnya aja premium dan elegan pastinya bahannya berkualitas dan bikin masakan juga jadi lebih sehat yaaaa

    Reply
  11. Lusi

    Cakepnya. Pengin semua. Panci & panku udah copot semua telinganya. Ada yg penyok juga karena jatuh. Hadeeeh. Cookware yg seragam begini bikin semangat masak.

    Reply
  12. Desri Desri

    aku suka deh sama debellin ini, coba ah cari produk lain yang aku butuhkan di dapur, yang ukurannya agak besaran sedikit. makasi banget mba infonya, baru keingetan merek ini.

    Reply
      • Riawani elyta

        Pancinya cantik ya kaya ada bintik2 gitu. Serbaguna juga bisa masak berbagai jenis

        Reply
  13. Ida Tahmidah

    Iya setuju selain cara memasak, cara mengolah bahan peralatan masakan pun berpengaruh pada kualitas masakan kita ya…

    Reply
    • Ida Tahmidah

      Btw peralatan masak Dabellinnya asyik banget nih unyu unyu jadi pengen punya deh… hehe…

      Reply
  14. Lita Chan Lai

    Aku suka di dapur. alat masak dabellin imut dan lucu ya. jadi pengen beli deh. cukup kali ya untuk dua orang alat masak sebesar itu. Gemes lihatnya

    Reply
    • Helena Magdalena

      tergantung jml orangnya mbaaa..ada banyak pilihan debellin, kindly check their ig or web 😀

      Reply
      • lita chan lai

        Ashiap…aku langsung cuss ke IG and webnya. Kali aja bisa kumpulin uang buat beli dabellin ini. Pengen banget soalnya.

        Reply
  15. Yuni

    Bener2 alat dapur dambaan emak2 yang rajin memasak di dapur ya mbak. Produk debellin premium cookware yang antik dan kaya manfaat. Suka banget sama modelnya. Apalagi awet dan tahan panas pasti suka banget menyajikan makanan dalam keadaan hangat dengan alat dapur dari Debellin ini.

    Reply
  16. April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com

    Mauuuuu.
    Cakep banget pancinya. Selain buat memasak juga cakep buat disajikan di meja makan.
    Suka juga sama materialnya jd bagus untuk kesehatan ya mbak krn dalam pengolahan masakan gak ada bahan2 material panci yg tercampur dgn makanan

    Reply
    • nchie hanie

      Mauuu juga akutuuu, mau semua jenisnya, lucu banget..
      DAn memang menggoda loh Mak,kbayang cantiknya kalo dah di meja makan

      Reply
  17. Kurnia amelia

    Huaa muprng bangettt pengen ini huhu. Duh pasti makin rajin masak yes kalau pakai panci inj hehe. Semoga dalam waktu dekat aku juga punya.

    Reply
    • Helena Magdalena

      aminn segera punya yaa..aku pun lagi nabung buat beli temen-temennya si black mini casserole ini hehehe

      Reply
  18. Indah Nuria

    How much is the price for these products? We really have to pay attention to the quality and hygiene of the kitchen appliances

    Reply
    • Helena Magdalena

      this product is around 500k IDR mbak, kindly check their web for detail hehe

      Reply
  19. demia

    waa bagus banget ini designnya yaaa, cantik buat di foto niiih, jadi pengen beli jugaaa, buat properti kalo lagi foto makanan juga jadinya cantik hihihi

    Reply
    • Helena Magdalena

      hahaha iya mba demiaa kan foodies yaaa cucmey deh jadiin properti juga ciamik

      Reply
  20. lendyagasshi

    cantiknya Black Mini Casserole dari Debellin.
    Naksir banget sama panci kaya manfaat begini… Imutnyaa…pas buat 2-4 porsi.

    Reply
    • Helena Magdalena

      kujadiin porsi utk mpasi anakku mbak, pas lah 3x makan buat seharian hehehe

      Reply
      • lendyagasshi

        Oh iyaa…?
        Kalau untuk membersihkan gak boleh pakai serat yang kasar gitukah?
        **pen bangeet…

        Reply
  21. Helena

    Wew lengkap banget penjelasan tentang Debellin. Aku baru ngerti lho cookware cantik ini. Motif granite trus gagang kayunya bikin cakep. Ga hanya tampilan tetapi juga memasak jadi lebih sehat, yaa.
    Trus aku salfok sama kaosnya. UI rasa kopi, hehe.

    Reply
    • Helena Magdalena

      iya desainnya apik yo mbak, dan handle nya juga cantik.
      hahaha ini kaos jaman masih kuliah dulu..

      Reply
  22. Siti Hairul

    Wah ini mah Cookware Sultan mbak. Kualitasnya jangan diragukan lagi. Harganya juga lumayan ya. Tapi ada harga sih ya untuk produk berkualitas

    Reply
  23. Rizka Edmanda

    Pengen banget punya Debellin tapi harganya bikin ngelus dada hehe cuma sebanding sih sama kualitasnya ya

    Reply
  24. Uniek Kaswarganti

    Mantap nih Debellin, jadi pengin punya. Iya, kalau masak pake teflon tuh khusus yang bentar aja ya mba, kayak numis-numis. Kalau masak lauk yang butuh proses lama, paling pas nih pake yang kayak Debellin ini.

    Reply
  25. Ika Puspita

    Cookware nya keliatan premium banget, pasti mihil ya, hihi. Aku juga lagi pengen banget nyicil beli cookware yang aman buat masak. Kayaknya musti nabung dulu nih

    Reply
    • Helena Magdalena

      Agak2 mihil sih Bun..tp kalao untuk jangka panjang kan jadi investasi..hahaha aku jg lagi nabung cicil yang lainnya hahaha

      Reply
  26. Ira Hamid

    kalo alat masaknya secantik ini, orang yang gak pandai masak kayak saya bisa betah berlama-lama di dapur nih, Mba 🙂

    Reply
    • Helena Magdalena

      hahahah bener mba..akupun ga pandai masak jadi demen masak

      Reply
  27. Afifah

    Sering khawatir dengan teflon, terutama kalau sudah mulai mengelupas. Padahal, memasak pakai teflon mudah banget karena antilengket. Untungnya sekarang ada antilengket yang lebih ramah kesehatan, ya.

    Reply
    • Helena Magdalena

      Betul mbak, anti lengket jadi idola ibu2 krn masakan gampang dikendalikan pas masak..nyucinya pun gampang..tp bagus pilh yg PFOA Free

      Reply
  28. Indah Nuria

    Premium cook wares memang akan selalu beri pengalaman memasak yang asyik. Kisaran harganya berapa mba

    Reply
    • Helena Magdalena

      tergantung besarnya juga mbak…bisa liat ke webnya langsung..kalo yg aku punya ini sekitar 500k

      Reply
  29. herva yulyanti

    Nah iya mba setuju peralatan masak juga diperhatikan yah karena pengaruhi kandungan nutrisinya..jadi galau pengen beli deh hahaha udah lama galau pengenbeli cookware baca review ini jadi pertimbangan nih

    Reply
    • Helena Magdalena

      hihihi..iya mba Herva..cuss intip2 dulu siapa tau naksir yang mana gitu hahahaa

      Reply
    • Nanie

      Betul, selain bahan makanan ternyata peralatan masak juga mempengaruhi nutrisi makanan yang kita konsumsi. Ini Debelin yang buat Mpasi belinya udah ada marketplace atau toko khusus mbak?

      Reply
  30. nyi Penengah Dewanti

    Idaman banget punya ini, mba udah punya ya keren. Aku semoga ada rejeki bisa punya debellin tahun ini hahah salah satu resolusi aamiin. Jadi makin bersemangat masak ya mba

    Reply
    • Helena Magdalena

      yeaay semangatt mbakk, hidup sehat mulai dari panci.. aminn

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Share This